Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tinggal Dibersihkan, Venue F1H20 di Danau Toba Beres Dibangun

Pada acara F1H20 yang digelar 24 Februari 2023-26 Februari 2023, progres pekerjaan kini sudah tembus 99,97 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya secara terpadu mendukung pembangunan infrastruktur pada Destinasti Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Itu yang harus kita jaga betul," tegas Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (20/2/2023).

Basuki berpendapat, penataan ini adalah mengubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional.

Pembangunan venue F1H2O mulai dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumut Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya sejak 30 November 2022 dan selesai 21 Februari 2023 (sesuai kontrak).

Hingga 18 Februari 2023, progres pekerjaan finishing (penyelesaian) menyisakan pembersihan area, perapian  atap Sopo Batak, dan fasilitas toilet.

Pelaksana pekerjaan dilaksanakan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk meliputi dermaga dan dry paddock yang didukung dengan pondasi pancang.

Selanjutnya, pembangunan 2 unit toilet umum, pekerjaan artwork dan storytelling, pembangunan Sopo Batak, pagar keliling, saluran air, dan lanskap.

Adapun Danau Toba di Sumut telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai salah satu dari lima kawasan DPSP.

Dukungan infrastruktur dilakukan Kementerian PUPR secara terpadu untuk pengembangan DPSP Danau Toba melalui penataan kawasan, jalan dan jembatan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk (Sarana Hunian Pariwisata).

https://www.kompas.com/properti/read/2023/02/21/073000421/tinggal-dibersihkan-venue-f1h20-di-danau-toba-beres-dibangun-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke