Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kala Jokowi Girang Indonesia Jadi Tuan Rumah Forum Air Dunia ke-10

“Hadirin yang saya hormati, Indonesia sangat senang terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum ke 10 di Bali tahun 2024,” ungkapnya dalam video tapping pada acara Kick-Off Meeting WWF ke-10 di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Oleh karena itu, dalam forum tersebut, akan ada banyak substansi terkait masalah air yang dibahas pada tahun depan.

Ini dilakukan untuk menemukan inovasi, solusi, dan aksi implementasi pertama secepat mungkin.

Jokowi melanjutkan, dalam kondisi laju dan perubahan iklim, dia menegaskan beberapa agenda penting yang harus diprioritaskan dalam Forum Air Dunia.

Mulai dari upaya konservasi air, ketersediaan air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta irigasi bencana alam berupa banjir dan kekeringan.

Kepala negara melanjutkan, agenda-agenda tersebut harus dilanjutkan dengan bekerja sama oleh berbagai pihak, berdialog dengan kemitraan antar-negara yang dilakukan untuk semangat kebersamaan untuk kesejahteraan rakyat dunia.

Sebagai informasi, Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah WWF ke-10 tahun 2024 juga terus mengadakan sejumlah acara sebagai rangkaian persiapan menuju acara puncak.

Setelah penyelenggaraan National Stakeholders Forum (NSF) sebagai 3rd Announcement, Pemerintah Indonesia melanjutkan persiapan Kick-off Meeting pada 15-16 Februari 2023 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC).

"Kick-off meeting nanti ditargetkan untuk dihadiri oleh 1.000 peserta, setiap peserta dapat memberikan kontribusi terhadap upaya mencari solusi atas tantangan bidang keairan, baik di skala regional, nasional maupun global," kata Basuki.

WWF sendiri merupakan forum lintas batas terbesar di dunia yang fokus dalam pembahasan isu-isu air dan mencari solusi global sebagai jawaban atas isu-isu tersebut.

Nantinya, WWF ke-10 akan dilaksanakan pada 18-24 Mei 2024 nanti mengusung tema Water for Shared Prosperity.

Dengan membawa harapan bahwa WWF menjadi ajang berbagai stakeholder dari berbagai negara untuk berbagi pengalaman dan inovasi merespon berbagai tantangan pengelolaan air secara global.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/02/15/173000621/kala-jokowi-girang-indonesia-jadi-tuan-rumah-forum-air-dunia-ke-10-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke