Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sektor Konstruksi Diprediksi Naik 5-6 Persen Tahun 2023

Pertumbuhan tersebut menurut General Manager-Emerging Market & Indonesia BCI Central Pietter, dimotori oleh tiga sub-sektor kontruksi yakni infrastruktur, residensial, dan industri.

"Sesuai hasil outlook yang kita susun pada Desember 2022, kontruksi di Indonesia akan tumbuh 5-6 persen," katanya usai pembukaan BCI Equinox 2023 di Surabaya, Jumat (10/2/2023).

Untuk infrastruktur, proyek kontruksi memang tidak banyak, namun nilainya cukup besar seperti bendungan dan jalan tol.

"Sesuai arahan Pak Presiden Jokowi, semua infrastuktur yang sudah diprogramkan harus rampung pada 2024," ujarnya.

Untuk nilai proyeknya, berdasarkan data center BCI, diprediksi menembus hampir Rp 160 triliun.

Secara berurutan, volume dan nilai terbesar dari tiga sub-sektor tersebut adalah infrastruktur, residential, dan industri.

"Residensial atau proyek perumahan akan tumbuh pesat, kecil-kecil tapi banyak," ujarnya.

Untuk residensial nilainya sekitar Rp 54 triliun dan industrial mencapai hampir Rp 45 triliun.

Tahun ini, BCI menstimulus para pelaku usaha kontruksi melalui event BCI Equinox 2023 untuk menunjukkan bahwa sektor kontruksi mampu bangkit pasca pandemi dan  menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional.

BCI Equinox yang digelar di Surabaya ini merupakan upaya BCI Central dalam mendekatkan diri dengan para pemain di industri konstruksi Jatim secara umum, dan Surabaya secara khusus.

Pergelaran ini mempertemukan semua kalangan industri konstruksi dalam wadah networking yang diberi nama BCI Equinox.

Acara tahunan ini sudah dilakukan sejak 2017, Surabaya sudah menjadi lokasi penyelenggaraan yang melibatkan ratusan undangan profesional.

BCI Equinox sendiri merupakan boutique exhibition yang dikemas secara eksklusif dan terbatas bagi para undangan dari kalangan arsitek, profesional desain, konsultan konstruksi, kontraktor hingga pengembang dan diselenggarakan di Asia, Australia dan Selandia Baru.

"Acara ini diadakan pertama kali setelah pandemi, yang pertama di Jakarta dan yang kedua di Surabaya ini," jelas Pietter.

Rangkaian acara BCI Equinox ini mengundang para pelaku dunia desain dan konstruksi di negara-negara terkait untuk saling membangun networking dan komunikasi yang santai.

BCI Equinoc kali ini menghadirkan 18 vendor dan exhibitor, serta asosiasi-asosiasi industri konstruksi besar yang menjadi partner BCI Central selama ini, yakni Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jatim, Himpunan Designer Interior Indonesia (HDII) Jatim dan Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) Jatim. 

https://www.kompas.com/properti/read/2023/02/12/133000921/sektor-konstruksi-diprediksi-naik-5-6-persen-tahun-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke