Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Teknologi Peredam Gempa di Beberapa Jalan Tol Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah ruas jalan tol di Indonesia diketahui telah menggunakan teknologi peredam gempa.

Dilansir dari laman resmi Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Selasa (7/2/2023), teknologi ini bernama Lead Rubber Bearing (LRB).

LRB adalah bantalan karet inti timbal yang banyak diaplikasikan di struktur jembatan karena memiliki kemampuan redaman tinggi dan dibuat dari karet alam yang melimpah di Indonesia.

Untuk struktur jembatan, spesifikasi khususnya adalah SKh-1.7.47 yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Bina Marga. Ini memuat dengan rinci ketentuan-ketentuan mutu termasuk pengujian untuk LRB.

Adapun beberapa jalan tol yang dimaksud meliputi 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota (Kelapa Gading-Pulo Gebang), Jalan Tol Trans-Sumatera mulai dari Aceh hingga Lampung, dan Tol Bogor Ring Road.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap agar LRB juga bisa diaplikasikan di konstruksi bangunan.

"Kami berharap agar LRB ini dapat diaplikasikan tidak hanya di jalan dan jembatan saja, namun juga dapat diaplikasikan di bangunan di Indonesia," tutur Airlangga Hartarto dalam Peresmian Pabrik Produksi LRB PT Magdatama Multi Industri di Karawang, Senin (30/1/2023).

Adapun sebelum diproduksi dalam jumlah banyak, LRB harus diuji secara kondisi dinamik gempa untuk membuktikan performa karakteristik.

Di sisi lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR telah memiliki peta titik-titik daerah rawan gempa.

"Ke depannya LRB ini akan diaplikasikan juga di bangunan-bangunan di daerah rawan gempa," kata Basuki.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/02/08/060000521/ini-teknologi-peredam-gempa-di-beberapa-jalan-tol-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke