Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dapat Porsi 9 Persen, HK Garap Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban

Dalam mengerjakan infrastruktur pelabuhan ini, perseroan mendapatkan porsi sebesar 9 persen. 

Kemudian, Toa Corproation sebesar 60 persen, PT Waskita Karya (Persero), Tbk atau Waskita 16 persen, Wakachiku Construction sebesar 10 persen, serta PT Brantas Abipraya (Persero) 5 persen yang membentuk joint-operation (kerja sama operasi) TWWHA.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyatakan, proyek Pekerjaan Paket 5 (Car Terminal Construction) Pelabuhan Patimban tahap 1-2 ini ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja yang dilaksanakan pada akhir tahun lalu, 30 Desember 2022.

“Penandatangan kontrak proyek ini dilakukan oleh Pejabat pembuat komitmen paket 5 yang meliputi Konstruksi Terminal Kendaraan di lingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut dan para pimpinan konsorsium TWWHA JO,” ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis, Jumat (4/2/2023).

Pada proyek ini, Hutama Karya bertanggung jawab atas pengerjaan Dermaga Terminal kendaraan dengan panjang 381 meter, Dermaga Service Boat sepanjang 367 meter, Dermaga Ro-Ro 170 meter.

“Akan dibangun terminal kendaraan yang menampung 1.500 kendaraan peti kemas perharinya. Kami menargetkan proyek ini rampung sekitar pertengahan tahun 2025,” ujar Tjahjo.

Pada pelaksanaan proyek ini nantinya akan menggunakan Kapal keruk atau Dredging untuk pekerjaan reklamasi.

Pelabuhan Patimban nantinya mengedepankan teknologi dan sistem digital dalam pengoperasiannya sehingga akan terintegrasi secara real time agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Patimban.

“Manfaat dari proyek ini dapat meningkatkan efisiensi waktu dan biaya logistik nasional, memperkuat ketahanan ekonomi, mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas, serta menjamin keselamatan pelayaran termasuk area yang tereksplorasi migas, dan tentunya juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” tutup Tjahjo.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/02/04/200000921/dapat-porsi-9-persen-hk-garap-terminal-kendaraan-pelabuhan-patimban

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke