Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gaet Tony Blair Institute, SMI Promosi Transisi Energi dan Keuangan

Kegiatan ini dilakukan juga demi mendukung interaksi dengan infrastruktur Just Energy Transitition Partnership (JETP) Indonesia yang sangat penting untuk pencapaian Net Zero.

Kolaborasi TBI dan SMI akan menyasar soal berbagi ilmu pengetahuan, desain strategi, dan fasilitasi kemitraan dengan pemerintah, juga anggota industri dan investor global untuk lebih memantapkan jalan menuju transisi energi berkeadilan di Indonesia.

Dalam hal ini, TBI memberikan masukan kepada para pemimpin politik di seluruh dunia tentang strategi, kebijakan, dan penyampaian, dalam memanfaatkan teknologi sebagai pengaktif utama di ketiganya.

Tujuan utama TBI di Indonesia adalah mendukung negara transisi energi sebagai bagian dari pekerjaannya. Hal ini didukung dengan para pemangku kepentingan demi mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih luas.

Sebagai Badan Layanan Umum (BLU) dibawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu), SMI bertanggung jawab menjadi lembaga pelaksana atas platform integrasi keuangan campuran yang maju.

Sebelumnya, pada November 2022, SMI pun ditunjuk sebagai Energy Transition Manager (ETM) Country Manager Platform dalam mengembangkan kerangka pembiayaan dan investasi untuk program ETM di Indonesia.

TBI Indonesia Country Director Shuhaela Fabya Haqim mengatakan, saat ini, salah satu tantangan terbesar yang dihadapi para pemimpin di seluruh dunia adalah mengatasi dampak perubahan iklim, dan menemukan solusi inovatif baru untuk membantu mencapai keberlanjutan pertumbuhan ekonomi.

"TBI mendukung pemerintah membangun masyarakat yang terbuka, inklusif, dan sejahtera, dan kami sangat senang bekerja sama dengan SMI untuk mendukung tujuan transisi energi yang ambisius di Indonesia," tutur Shuhaela dalam rilisnya, Sabtu (4/2/2023).

Sementara Presiden Direktur SMI Edwin Syahruzad mengungkapkan, merancang kerangka yang paling cocok dalam pembiayaan dan investasi transisi energi agenda di Indonesia, akan membutuhkan kemitraan dengan cara bertukar pikiran serta mengembangkan strategi komunikasi.

"Kerja sama antara SMI dan TBI menunjukkan upaya progresif kami dalam mengatasi dampak perubahan iklim melalui pengembangan ETM di Indonesia, dimana SMI diamanatkan untuk menjadi platform negara pengelola," kata dia.

Dari pencapaian ini, SMI mengharapkan desain ETM yang sehat dan berkelanjutan di Indonesia untuk menciptakan transisi yang adil dan terjangkau bagi masyarakat dan bumi.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/02/04/170000421/gaet-tony-blair-institute-smi-promosi-transisi-energi-dan-keuangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke