Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demi DPSP Borobudur, Pemerintah Kejar Target Bereskan Pengendali Banjir YIA

Pembangunan infrastruktur tersebut sedianya bakal tuntas secara keseluruhan pada tahun 2023 ini demi mendukung kegiatan pariwisata di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, perubahan iklim menjadi tantangan dalam pengelolaan sumber daya air di Indonesia.

Pergeseran dan perubahan masa musim hujan dan kemarau, serta pola hujan dengan durasi pendek namun intensitasnya tinggi kerap mengakibatkan banjir.

“Upaya penanggulangan bencana, termasuk banjir merupakan tanggung jawab kita bersama. Sesuai dengan tugas dan fungsinya, Kementerian PUPR berperan dalam masalah infrastruktur,” terang dia dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (27/1/2023).

Dalam mengurangi risiko banjir Bandara YIA, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Direaktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) membangun sejumlah prasarana pengendali banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bogowonto dan Serang.

Mulai dari perbaikan atau normalisasi badan sungai, peningkatan kapasitas sungai, pembangunan sistem drainase, sodetan, kolam retensi, dan pengadaan pompa banjir.

Dukungan infrastruktur juga dilakukan tak terkecuali dengan membangun penahan penampung air sepanjang sungai (long-storage) serta pekerjaan double jetty di muara Sungai Bogowonto.

Adapun pembangunan pengendali banjir Bandara YIA dibagi menjadi empat paket pekerjaan yang dilaksanakan sejak tahun 2020 hingga 2023.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/01/27/210000721/demi-dpsp-borobudur-pemerintah-kejar-target-bereskan-pengendali-banjir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke