Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WEF: Risiko Global Ancam Komitmen Perlindungan Iklim Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai risiko global dikhawatirkan bisa menjadi ancaman komitmen perlindungan iklim yang direncanakan banyak negara, termasuk Indonesia.

Hal ini terungkap dalam Laporan Risiko Global Edisi ke-18 dari Forum Ekonomi Dunia (WEF), yang berkolaborasi dengan Marsh McLennan dan Zurich Insurance Group.

Dalam satu dekade mendatang, diperkirakan akan terjadi krisis lingkungan dan sosial yang didorong oleh adanya tren geopolitik serta ekonomi.

Selain itu, krisis biaya hidup dinobatkan sebagai risiko global yang memiliki dampak terparah selama dua tahun ke depan dan akan mencapai puncaknya dalam jangka pendek.

Adapun krisis biaya hidup, atau peningkatan biaya hidup dipicu oleh biaya energi dan makanan yang lebih tinggi.

Kemudian hilangnya keanekaragaman hayati dan kehancuran ekosistem dipandang sebagai salah satu risiko global yang paling cepat memburuk selama satu dekade berikutnya.

President Director dan CEO Marsh Indonesia Douglas Ure mengatakan, terdapat banyak tujuan dan komitmen yang dibuat sehubungan dengan perlindungan iklim dan keberlanjutan. Namun, mewujudkan tujuan tersebut adalah hal yang berbeda.

"Kita telah melihat banyak negara membuat komitmen, dan kemudian mundur atau tidak mencapai komitmen tersebut," kata Douglas, seperti dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (21/1/2023).

Douglas menambahkan, berbagai pemangku kepentingan telah mengambil tindakan terhadap perubahan iklim, di antaranya melalui sumber energi alternatif, praktik pertanian yang lebih baik, rantai pasokan yang lebih berkelanjutan terkait dengan transportasi makanan.

"Diversifikasi dan adaptasi perubahan iklim umumnya mulai dilihat sebagai prioritas jangka pendek daripada sesuatu yang membutuhkan tindakan untuk jangka panjang. Semuanya akan berdampak positif pada perubahan iklim," imbuh Douglas.

Menurut Douglas, penting bagi pemerintah dan sektor swasta untuk menyediakan dukungan demi menjaga komitmen terhadap perlindungan iklim yang dinilai sudah cukup baik di Indonesia,

Hal ini untuk memastikan bahwa Indonesia dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengurangi dampak berbahaya dari perubahan iklim, meskipun di tengah berbagai tantangan global.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/01/21/190000021/wef--risiko-global-ancam-komitmen-perlindungan-iklim-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke