Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

22 Tower Rusun Pekerja IKN Rampung Januari Ini

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Sebanyak 22 tower rusun pekerja konstruksi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bakal rampung pada akhir Januari atau Februari 2023.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga dalam Press Tour Proyek Infrastruktur IKN, Jumat (13/1/2023).

"Kemungkinan Januari atau Februari ini sudah selesai, nanti akan segera dihuni," jelas Danis.

Total kapasitas tampung rusun pekerja IKN ini mencapai 16.200-16.300 orang yang terbagi menjadi 15.000 untuk tenaga terampil dan 1.200-1.300 untuk tenaga ahli.

Sedangkan sisa tower lainnya yang juga sama-sama setinggi 4 lantai adalah untuk tenaga terampil dengan kapasitas kamar mencapai 14 orang.

Seluruh tower pekerja konstruksi tersebar di 4 lokasi dengan fasilitas penunjang kebutuhan, seperti kantin, masjid, kantor, hingga klinik.

"Pembangunan ini dalam konteks transformasi bekerja yang baik, jangan ada bedeng-bedeng kumuh. Dengan kita sediakan fasilitas, maka efektivitas, keselamatan bekerja, dan hasil diharapkan bisa lebih baik," imbuh Danis.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Iwan Suprijanto sebelumnya menyebutkan, sejumlah 16 rusun pekerja konstruksi IKN sudah selesai dibangun.

"Kami akan berupaya agar proses pembangunannya bisa segera diselesaikan secepatnya. Saat ini progresnya sudah mencapai 71,06 persen," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Proses pengerjaannya dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya Gedung-PT Adhi Karya (Persero) Tbk, KSO dengan nilai kontrak Rp 567 miliar.

Dalam proses pembangunan, Kementerian PUPR menerapkan sedikitnya tiga kriteria pelaksanaan pembangunan dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) atau Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (LST).

Pemanfaatan teknologi konstruksi modular untuk pembangunan hunian pekerja ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai kriteria ESG dan menjadi prototipe lean and green construction di Indonesia.

Rusun ini akan digunakan oleh pekerja konstruksi IKN sampai dengan ibu kota baru tersebut selesai dibangun pada 2045.

Setelah tahun 2045, fungsi rusun bisa digunakan secara fleksibel menyusul kebijakan yang ada saat itu.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/01/14/143000921/22-tower-rusun-pekerja-ikn-rampung-januari-ini

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke