Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tuntas Akhir 2023, Ini Progres Proyek Tol Bangkinang-Pangkalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menuntaskan proyek Ruas Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap I dari Simpang Susun (SS) Bangkinang-Tanjung Alai.

Dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kamis (5/1/2023), proyek ruas tol sepanjang 24,7 kilometer ini ditargetkan selesai pada akhir Desember 2023.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono baru saja meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 kilometer pada Rabu (4/1/2023).

Ini merupakan jalan tol kedua yang dibangun setelah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dan sudah beroperasi dengan kondisi lalu lintas (lalin) kendaraan sangat bagus di atas 7.507 kendaraan per hari.

"Sehingga nantinya jalan tol ini akan disambungkan dengan lingkar Pekanbaru yakni dari arah Dumai, Pekanbaru dan Bangkinang akan tersambung ke arah Padang," kata Jokowi.

Dengan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang yang sudah beroperasi saat ini, kecepatan mobilitas orang, barang, dan jasa semakin lebih baik.

"Sehingga akan semakin menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Provinsi Riau dan menumbukan sentra ekonomi baru yang pada akhirnya akan membuka lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat," imbuh Jokowi.

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian dari koridor pendukung (sirip) Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) yang akan menghubungkan daerah di Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

Juga untuk memangkas waktu tempuh dari sebelumnya satu setengah jam menjadi 30 menit perjalanan.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit menambahkan, jalan tol ini juga sebagai konektivitas pendukung dalam mendorong pertumbuhan investasi perkebunan, pertambangan dan industri tuna di Kabupaten Kampar, hingga mendongkrak kawasan pariwisata Candi Muara Takus.

Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dengan total panjang 40 kilometer terdiri dari 2 seksi dibangun dengan nilai investasi Rp 4,8 triliun.

Yakni Seksi 1 Pekanbaru-Sungai Pinang sepanjang 9,11 kilometer dan Seksi 2 Sungai Pinang-Bangkinang sepanjang 30,9 kilometer.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/01/06/060000421/tuntas-akhir-2023-ini-progres-proyek-tol-bangkinang-pangkalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke