Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Balik Mudik Tahun Baru Naik Kereta? Ratusan Ribu Tiket Masih Tersedia

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan 2,4 juta tempat duduk kereta api (KA) jarak jauh untuk Angkutan Natal dan Tahun Baru pada 22 Desember 2022-8 Januari 2023.

Hingga 30 Desember 2022, tercatat ada 1,6 juta tiket KA jarak jauh yang telah terjual atau sekitar 69 persen dari kapasitas yang disediakan.

"Jumlah tersebut akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung. Kami berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, dikutip dari laman resmi KAI, Rabu (4/1/2023).

Sementara itu, selama 8 hari yang terhitung sejak 22-29 Desember 2022, ada sebanyak 1.095.714 tiket KA jarak jauh ke berbagai tujuan yang berhasil dijual.

Artinya, KAI melayani rata-rata 136.964 pelanggan per hari, dengan keterisian tempat duduk yang sangat baik mencapai rata-rata 102 persen per hari.

Relasi yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu rute Jakarta-Yogyakarta pp, Jakarta-Solo pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Purwokerto pp, Bandung-Surabaya pp, Yogyakarta-Surabaya pp, Yogyakarta-Banyuwangi pp, dan lainnya.

Lanjut Joni, jumlah ini juga mengalami kenaikan sebesar 204 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021.

Hal ini diperkirakan terjadi dikarenakan perubahan persyaratan naik KA dimana tidak lagi ada persyaratan screening Covid-19 melalui Antigen atau PCR.

Di samping itu, kapasitas angkut yang telah diperbolehkan menjadi 100 persen serta meningkatnya mobilitas masyarakat yang diiringi penambahan jumlah perjalanan KA secara keseluruhan.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan layanan kereta api pada masa libur akhir tahun ini," tutup Joni.

https://www.kompas.com/properti/read/2023/01/05/063000121/mau-balik-mudik-tahun-baru-naik-kereta-ratusan-ribu-tiket-masih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke