Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemkab Lamongan Perpanjang Kontrak PJT 1 untuk Suplai Air Bersih Warga

Mengingat, penyediaan air bersih juga menjadi salah satu faktor pendukung terselenggaranya iklim investasi yang kondusif.

Komitmen itu ditandai dengan penandatanganan perpanjangan kontrak kerjasama antara Pemkab Lamongan bersama PJT 1 tentang penyediaan air bersih dan bidang lainnya dilaksanakan di hall Hotel Selorejo, Kecamatan Ngantang, Malang, Jawa Timur, Jumat (23/12/2022).

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengatakan, melalui perpanjangan kerja sama ini, telah direncanakan agenda pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Karangbinangun di Lamongan. Dengan Instalasi Pengolahan Air (IPA) tersebut berkapasitas 300 liter/detik.

"Alhamdulillah dari wilayah selatan Lamongan, akses air bersih sudah masuk sampai ke (Kecamatan) Tikung. Di (Kecamatan) Karangbinangun sudah mulai masuk beberapa industri, yang ini masih mengambil bahan baku air bersih dari PDAM menggunakan mobil tangki, sehingga kebutuhan dan kecukupan kita untuk fasilitasi industri ini kurang bisa optimal," ujar Yuhronur, melalui keterangan tertulis, Jumat.

Dia berharap, keberadaan SPAM Karangbinangun nantinya dapat menambah kepercayaan investor dan juga banyak kalangan industri, untuk melakukan agenda investasi di Kabupaten Lamongan.

"Untuk itu, dengan kehadiran SPAM Karangbinangun saya yakin akan dapat menambah kepercayaan investor. Karena ketersediaan listrik, air bersih, dan kemudahan perizinan, selalu didambakan oleh para investor yang akan berinvestasi,” tutur Yuhronur.

Direktur Utama PJT 1 Raymond Valiant Ruritan menambahkan, inti dari kerja sama yang dilakukan adalah menyediakan air bersih bagi masyarakat dan juga fasilitasi industri. Tujuan utamanya demi kemajuan Kabupaten Lamongan.

"Intinya adalah, masyarakat Lamongan bisa mendapatkan air bersih, industri bisa berkembang dan kita sama-sama akan menyaksikan kemajuan dari Kabupaten Lamongan," tukas Raymond.

Adapun sampai dengan saat ini, akses air bersih perpipaan layak di Kabupaten Lamongan yang didukung oleh Perum Jasa Tirta sudah sebanyak 4.258 SR (Sambungan Rumah), dari total 53,55 persen akses air bersih yang terlayani di Lamongan.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/24/070000321/pemkab-lamongan-perpanjang-kontrak-pjt-1-untuk-suplai-air-bersih-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke