Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ilmuwan Temukan Lembaran Sel Surya Baru, Ringan dan Setipis Kertas

Sel surya tersebut jauh lebih tipis dari rambut manusia sehingga dapat digunakan dengan cepat di lokasi terpencil untuk bantuan dalam keadaan darurat.

Seperti dikutip dari situs resmi MIT News, berat sel surya ini hanya seperseratus dari panel surya konvensional namun dapat menghasilkan daya lebih besar. 

Terbuat dari tinta semikonduktor, sel ini bisa diproduksi dengan mesin pencetak khusus yang dapat diubah menjadi skala pabrik di kemudian hari.

Karena sangat tipis dan ringan, sel surya ini dapat ditempelkan ke berbagai permukaan. Misalnya dapat diintegrasikan ke layar kapal untuk menyediakan tenaga saat berada di laut.

Sel surya ini juga dapat ditempelkan ke tenda dan terpal yang digunakan dalam situasi bencana, atau diterapkan ke sayap drone untuk memperluas jangkauan terbangnya.

Teknologi surya yang ringan ini dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam lingkungan apapun dengan kebutuhan pemasangan minimal.

“Lapisan sel surya yang ringan memungkinkan integrasi ke mana saja. Kami berusaha keras untuk mempercepat adaptasi produk mengingat kebutuhan mendesak saat ini untuk menggunakan sumber energi baru yang bebas karbon,” kata Vladimir.

Sel surya silikon tradisional sangat rapuh, sehingga harus terbungkus dalam kaca dan dikemas dalam rangka aluminium yang tebal dan berat. Hal ini akan membatasi di mana dan bagaimana sel surya dapat digunakan.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/17/193000921/ilmuwan-temukan-lembaran-sel-surya-baru-ringan-dan-setipis-kertas

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke