Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Japek II Selatan Siap Digunakan untuk Kendaraan Golongan I

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan Ruas Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer dinyatakan siap untuk menampung kendaraan selama arus balik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) Charles Lendra di Gerbang Tol (GT) Kutanegara, Jumat (16/12/2022).

Untuk mekanismenya, ruas jalan tol ini akan dibuka secara fungsional apabila terjadi kepadatan lalu lintas saat arus balik yang diperkirakan terjadi pada tanggal 25 Desember 2022 untuk libur Natal dan 1 Januari 2023 untuk libur Tahun Baru.

Pengguna jalan tol dari arah Bandung akan masuk di Km 76 Sadang Tol Cipularang dan keluar setelah melewati Tol Japek II Selatan di Kutanegara.

Setelah itu, pengguna tol akan masuk ke jalan arteri sepanjang 16 kilometer yang mencakup Jalan Industri 10 kilometer dan Jalan Pantura 6 kilometer menuju kembali ke Tol Japek di Karawang Timur atau Karawang Barat dengan menambah jarak perjalanan sekitar 5 kilometer.

Pembukaan ruas tol tetap berdasarkan izin pihak Kepolisian sehingga penataan lalu lintas bisa dilaksanakan dengan baik.

Kesiapan konstruksi Ruas Kutanegara-Sadang mencapai 95 persen dan siap dioperasikan fungsional mulai pekan depan.

Corporate Communication & Community Development Group Head Lisye Octaviana menambahkan, karena masih beroperasi fungsional maka tidak ada biaya yang diberlakukan untuk ruas ini.

"Tidak ada tarif, ini GT alternatif fungsional jadi belum ada tarif karena sifatnya tarif ketika dinyatakan sudah operasional, layak operasi dan sudah ada surat dari Kementerian PUPR," papar Lisye.

Sebagai informasi, Ruas Sadang-Kutanegara merupakan bagian Tol Japek II Selatan Seksi 3 Sukabungah-Sadang dengan panjang total 30,6 kilometer.

Kemudian ada Seksi 2 Setu-Sukabungah sepanjang 22,1 kilometer dan Seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 kilometer.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/16/170000521/tol-japek-ii-selatan-siap-digunakan-untuk-kendaraan-golongan-i

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke