Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lampu Pohon Natal di Roma Hanya Bisa Menyala Dengan Tenaga Pedal

Dekorasi natal berupa lonceng, boneka salju hingga pohon terang dalam berbagai ukuran tersebar di berbagai penjuru daerah, tak terkecuali kota Roma, Italia.

Namun ada yang unik dari Pohon Natal utama kepunyaan kota Roma yang berada di luar gedung balai kota Roma, tepatnya di Piazza del Campidoglio.

Bukan dengan listrik, lampu-lampu pada pohon natal tersebut baru akan menyala dengan tenaga pedal sepeda.

Seperti dikutip dari Wanted in Rome, lampu di pohon tersebut terhubung ke enam sepeda yang diparkir dan sebuah generator.

Para penduduk Roma dan turis kemudian diajak untuk bersama-sama dengan pemerintah merayakan natal.

Pohon natal tersebut sudah resmi diungkapkan ke publik pada Selasa (13/12/2022) pukul 18.30 waktu setempat.

Sebelumnya, Kebun Binatang Roma, yang dikenal dengan nama Bioparco juga membangun pohon Natal dari sampah botol plastik.

Pohon setinggi 7 meter tersebut dibuat dengan 2.500 botol plastik yang dipungut dari jalan, rumah pribadi dan area komersial.

Dekorasinya bahkan terinspirasi oleh para binatang di taman dan dibuat dari limbah proses industri, konstruksi, dan artisanal seperti jaring lokasi konstruksi, kabel listrik, dan tali pancing ditemukan di pantai.

Membuat pohon natal yang ramah lingkungan adalah salah satu komitmen pemerintah Roma untuk hidup yang lebih berkelanjutan. 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/15/210000721/lampu-pohon-natal-di-roma-hanya-bisa-menyala-dengan-tenaga-pedal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke