Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konstruksi Bentang Jembatan Kaca Bromo Beres, Sisa Infrastruktur Pendukung

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Pemkab Probolinggo, pembangunan bentang jembatan kaca memang sudah selesai.

Namun untuk infrastruktur penunjangnya belum selesai, seperti tangga, penerangan, toilet, lahan parkir, serta pos 1 dan 2.

"Untuk jembatan kaca sudah 100 persen. Jembatan kaca rencananya diresmikan pada penghujung tahun 2022," kata Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo H.A. Timbul Prihanjoko saat meninjau lokasi pada Rabu (07/12/2022) lalu.

Dia pun berharap jembatan kaca tersebut nantinya bisa langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dengan diresmikannya jembatan kaca secepat mungkin, maka warga akan bisa merayakan libur Natal dan Tahun Baru di Bromo dengan obyek wisata paling baru tersebut," imbuhnya.

Untuk diketahui, jembatan kaca Bromo membentang di kawasan Bukit Seruni Point dengan panjang 120 meter, lebar 1,8 meter, dan 3 meter dengan kedalaman (jurang) sekitar 80 meter.

Sistem struktur lantai atau deck jembatan gantung berupa kaca pengaman berlapis (laminated glass) yang terdiri dari dua lembar kaca atau lebih.

Direkatkan satu sama lain dengan menggunakan satu atau lebih lapisan laminasi (interlayer) dengan total ketebalan 25,55 mm.

Lantai kaca ini sudah diuji dan mampu menahan beban mencapai 9 ton. Konstruksi jembatan kaca terpanjang di Indonesia ini mampu menampung 100 orang secara bersamaan.

Struktur jembatan juga dilengkapi double protection steel. Berupa baja galvanis yang dilapisi cat epoxy agar lebih tahan terhadap karat.

Dengan melintang dari barat ke timur, pengunjung jembatan kaca dapat melihat eksotika panorama sekitarnya.

Bisa melihat tiga gunung api aktif sekaligus, yakni Gunung Semeru, Bromo, dan Batok di sisi selatan.

Lalu pada sisi utara, pengunjung dapat melihat perbukitan, jurang, dan lahan pertanian warga Suku Tengger.

Adapun sarana prasarana yang melengkapi berupa bangunan serba guna. Seperti amphitheater, drop zone, pavement area, shuttle zone, terminal, dan gapura penanda.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/15/123000821/konstruksi-bentang-jembatan-kaca-bromo-beres-sisa-infrastruktur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke