Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hingga Desember 2022, Waskita Berhasil Tuntaskan 103 Proyek

JAKARTA,KOMPAS.com - Hingga bulan Desember tahun 2022, PT Waskita Karya (Persero) Tbk. berhasil menyelesaikan 103 proyek berkat dukungan pemerintah.

Jumlah proyek tersebut merupakan bagian dari total 148 proyek yang mendapatkan fasilitas pendanaan kredit modal kerja (KMK) dengan penjaminan pemerintah sampai dengan bulan Oktober 2022.

KMK penjaminan merupakan fasilitas pendanaan dari perbankan kepada Perseroan yang dijamin oleh Pemerintah dengan total plafond sebesar Rp 8,07 triliun dan bersifat revolving facilities.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Waskita Karya, Wiwi Suprihatno mengungkapkan dukungan dari pemerintah tersebut sangat membantu perseroan dalam menyelesaikan pekerjaan proyek.

Menurutnya, dukungan ini memberikan tambahan modal kerja bagi Perseroan dalam rangka perolehan kas dari termin proyek.

“Tentunya ini menjadi bukti kerja Perseroan terhadap pemerintah yang sampai saat ini, perseroan telah menyelesaikan sebanyak 130 proyek per Oktober kemarin,” jelas Wiwi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/12/2022). 

Waskita juga telah melakukan pelunasan sebesar Rp 4,72 triliun sehingga tersisa outstanding sebesar Rp 6,08 triliun. Sementara dari plafon sebesar Rp 8,07 triliun, Perseroan masih memiliki sisa plafon sebesar Rp 2 triliun.

Adapun saat ini masih terdapat 45 proyek dengan pendanaan KMK yang masih dalam tahap
konstruksi.

Wiwi menambahkan, untuk mendukung pendanaan proyek baru serta penyelesaian proyek on-going saat ini, Waskita akan mengajukan kembali fasilitas pendanaan KMK tahap 2 dengan Penjaminan Pemerintah pada tahun depan.

Target proceed yang akan diajukan sebesar Rp 1,7 triliun sehingga setiap proyek yang dikerjakan dapat selesai sesuai dengan timeline yang telah ditentukan.

“Adanya dukungan dari Pemerintah tersebut tentunya sangat berdampak positif pada posisi topline Perseroan yaitu dari segi akselerasi produksi pada proyek serta penyerapan Pendapatan Usaha,” tukas Wiwi.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/14/114441921/hingga-desember-2022-waskita-berhasil-tuntaskan-103-proyek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke