Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahap Awal di Bali, Uji Coba Transaksi Tol MLFF Dimulai Juni 2023

Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) PUPR Danang Parikesit dalam keterangan tertulis, Rabu (07/12/2022).

Menurutnya, uji coba dilakukan secara bertahap di mana selama masa transisi pengguna bisa langsung bertransaksi dengan sistem MLFF menggunakan aplikasi tanpa perlu berhenti di gerbang tol.

Meski demikian, gerbang tol untuk transaksi non-tunai konvensional yang berlaku saat ini tetap tersedia.

"Kita mulai dengan hilangkan satu gerbang dulu di satu ruas tol untuk MLFF, sementara gerbang yang lain tetap bisa digunakan untuk transaksi non-tunai dengan kartu elektronik," jelas Danang dikutip dari Kompas.com.

Apabila MLFF tekah diterapkan, pengguna jalan tol yang melintas cukup mengunduh aplikasi Cantas dan melakukan registrasi, serta memastikan saldo tersedia.

"Karena akan ada Gantry yang akan mengawasi kendaraan di beberapa titik di ruas tol agar tidak ada pelanggaran," tukasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai Badan Usaha Pelaksana sistem MLFF, Peter Ong menambahkan, tahap awal uji coba ini rencananya akan dilakukan di Bali.

Alasan pemilihan Bali karena pertimbangan bahwa ruas tol di daerah tersebut belum terlalu padat, sehingga akan lebih mudah melaksanakan kontrol untuk memastikan semua sistem berjalan dengan baik.

"Setelah Bali sudah menerapkan MLFF secara keseluruhan, baru kemudian kita akan uji coba di ruas tol lain," jelas Musfihin.

Adapun rencana uji coba MLFF ini didukung dengan hasil Penelitian yang dilakukan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pada Juli 2022.

Penelitian tersebut menyebutkan sebanyak 92,2 persen dari 1.341 pengguna tol mendukung sistem transaksi MLFF.

Penulis: Haryanti Puspa Sari | Editor: Akhdi Martin Pratama

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/09/143000221/tahap-awal-di-bali-uji-coba-transaksi-tol-mlff-dimulai-juni-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke