Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Siapkan 2,5 Hektar Lahan untuk Rumah Korban Gempa Cianjur

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra Atmawidjaja menyampaikan, lahan tersedia di Kecamatan Cilaku, Cianjur.

Lahan seluas itu diperkirakan cukup untuk 200 unit rumah warga terdampak gempa Cianjur dengan kondisi rumah rusak berat atau roboh.

Sementara untuk warga dengan rumah rusak ringan atau sedang akan mendapatkan dana perbaikan hingga Rp 50 juta yang akan menjadi tanggung jawab Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Nantinya, rumah untuk korban gempa Cianjur akan dibangun di atas lahan 80 meter persegi dan luas bangunan 36 meter persegi dengan jumlah per hektarnya ada 80 unit rumah.

Rumah tersebut juga akan dibangun dengan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat Tahan Gempa (RISHA). Teknologi ini telah terbukti berhasil membuat bangunan dua sekolah di Cianjur tetap kokoh berdiri pasca-gempa melanda.

Sedangkan untuk proses land clearing, Kementerian PUPR telah menunjuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Brantas Abipraya sebagai pelaksana.

"Itu kita tarik alat beratnya untuk land clearing, sejak kemarin sudah berjalan," tambah Endra.

Sebagai informasi, tanah yang telah disediakan oleh Pemda tersebut bakal dilakukan penetapan lokasi (penlok) terlebih dahulu sebelum mulai dibangun oleh Kementerian PUPR.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/01/160000021/pemerintah-siapkan-2-5-hektar-lahan-untuk-rumah-korban-gempa-cianjur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke