Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kota Probolinggo Sabet Penghargaan Global "We Love Cities"

Dilansir dari rilis yang diterima Kompas.com, Senin (21/11/2022), Kota Probolinggo sukses mengalahkan 63 kota dari 27 negara dengan jumlah suara dukungan publik sebanyak 820.000.

WLC adalah sebuah kampanye global dengan partisipasi aktif publik melalui media sosial yang bertujuan mendorong masyarakat di seluruh dunia untuk menyatakan dukungannya bagi pembangunan perkotaan yang berkelanjutan.

Kampanye ini juga bertujuan menggali masukan dan solusi dari para warga demi terciptanya kota yang berkelanjutan dan nyaman ditinggali.

Beberapa kota di Indonesia yang telah berhasil memenangkan WLC secara global, yakni Kota Balikpapan (2015), Kota Bogor (2016), dan Provinsi DKI Jakarta (2018).

Kampanye WLC sendiri telah berlangsung pada 19 September 2022-31 Oktober 2022.

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, pihaknya melibatkan seluruh perangkat daerah dalam kampanye ini.

Kemudian Pemkot Probolinggo turut menyosialisasikan program lingkungan hidup Kota Probolinggo, serta mengajak masyarakat untuk memberi dukungan baik melalui voting, saran dan masukan, hingga interaksi di media sosial.

"Mudah-mudahan tidak menjadi euforia semata. Namun, kecintaan kita pada Kota Probolinggo harus tampak dari apa yang kita perbuat, demi menciptakan kota yang nyaman untuk ditinggali," tuturnya.

Sebagai informasi, untuk masuk sebagai peserta WLC, setiap kota harus terpilih sebagai finalis pada kompetisi One Planet City Challenge (OPCC).

Selain Probolinggo, Balikpapan dan Jakarta juga berhasil menjadi finalis nasional OPCC pada OPCC 2021-2022.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/11/22/060000621/kota-probolinggo-sabet-penghargaan-global-we-love-cities-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke