Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rona Tersisa dari KTT G20, Jurnalis yang Tak Paham Batik hingga Corcoran Beton

Mulai dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang menjadi fotografer, keterlambatan acara karena adanya rapat mendadak dari beberapa delegasi negara, hingga komentar mengenai batik.

Seorang jurnalis asal Inggris Sophie Corcoran dinilai menghina batik dan endek karena komentarnya di Twitter. Tak pelak, akun perempuan ini pun banjir hujatan, terutama yang terkait nama lengkapnya "Corcoran".

Keriuhan di twitterland ini pun ditunggangi oleh akun resmi Kementerian PUPR dengan mengunggah sebuah utas mengenai corcoran.

Warganet berspekulasi, cuitan ini sebagai tanggapan Kementerian PUPR terhadap komentar Sophie mengenai batik. Pasalnya, nama belakang Sophie memiliki arti sebuah proses konstruksi dalam Bahasa Indonesia.

Memangnya, apa itu corcoran?

Cetakan ini memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, tergantung dengan kebutuhan dan bentuk konstruksinya.

Beton cor biasanya digunakan dalam pembuatan jalan, rumah, fondasi, hingga sebuah tembok. Apapun bentuknya, cetakan ini akan memiliki besi tulang sebagai penyangga dan penguat struktur.

Jenis beton cor juga berbeda-beda berdasarkan mutunya, mulai dari mutu terendah yang biasanya digunakan dalam bangunan ringan hingga mutu dengan kualitas terbaik yang tahan terhadap berbagai jenis kerusakan.

Berikut selengkapnya:

  • Mutu K175: Digunakan dalam konstruksi bangunan ringan.
  • Mutu K225: Dipakai sebagai bahan bangunan ruko ataupun perumahan dua lantai.
  • Mutu K250: Digunakan dalam konstruksi tempat tinggal atau ruko yang terdiri dari 2 lantai/lebih, terutama yang harus menopang beban cukup berat.
  • Mutu K300: Digunakan dalam konstruksi bangunan seperti rumah atau ruko yang terdiri dari tiga lantai.
  • Mutu K350: Umum digunakan dalam bangunan ruko ataupun tempat tinggal yang lebih dari 3 lantai.
  • Mutu K400: Beton ini akan bersifat sangat kuat serta tahan terhadap aneka jenis kerusakan, baik akibat lingkungan ataupun cuaca, sehingga sering dipakai untuk konstruksi jalan tol atau landasan pacu.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/11/19/130000821/rona-tersisa-dari-ktt-g20-jurnalis-yang-tak-paham-batik-hingga-corcoran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke