Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Biro Arsitek Terbaik Dunia 2022

KOMPAS.com – Arsitek di seluruh dunia ingin dikenal sebagai firma arsitektur terbaik, sebagai dasar untuk setiap orang yang ingin bekerja di perusahaan top ini.

Menjadi perusahaan yang sukses tidak memerlukan formula khusus. Yang penting, memiliki respons tepat waktu tentang bagaimana dunia berubah dan beradaptasi dengan apa yang dibutuhkan dunia saat ini untuk dapat bersaing.

Berikut daftar perusahaan arsitektur terbesar dunia beserta informasi latar belakangnya dirangkum dari Archute.

1. Gensler

Gensler berada di peringkat perusahaan arsitektur terbesar di dunia, dengan pendapatan sebesar 1,235 miliar dollar AS pada tahun 2021.

Biro ini memiliki kantor di 48 kota di seluruh dunia dengan jumlah karyawan lebih dari 6.000 orang. Selain itu, perusahaan ini memiliki lebih dari 10.000 proyek di lebih dari 2.500 kota  dunia.

Menawarkan jasa seperti arsitektur, urban strategy and design, brand design, interior design, dan juga consulting & real estate.

Di antara proyek yang telah menempatkan Gensler di posisi atas adalah Bandar Udara Internasional Incheon di Korea Selatan, Pusat Keuangan Abu Dhabi di UEA, Markas Facebook, Menara Shangai di Shanghai China, dan juga Bandar Udara Internasional San Francisco Terminal 2 dan 3.

2. RSP Architects

Perusahaan arsitektur ini telah memenangkan penghargaan lebih dari 60 tahun pengalaman dan salah satu perusahaan arsitektur terbesar di dunia.

Total pendapatan mereka diperkirakan lebih dari 640 juta dollar AS dan kantor pusat global mereka berbasis di Minneapolis, MN.

Dengan berbasis klien sebagian besar terdiri dari pemerintah, pendidikan, permainan, sains dan perusahaan teknologi, perusahaan, dan rumah sakit di seluruh dunia.

Di antara proyek RSP yang paling terkenal adalah Nakheel Mall di UEA, St Regis di Kuala Lumpur, dan The Oberoi di Gurgaon, India.

3. Perkins And Will

Pada tahun 2020, Perkins and Will menghasilkan pendapatan sebesar 595 juta dollar AS, menjadikannya salah satu perusahaan arsitektur terbesar di seluruh dunia.

Perkins and Will memiliki 2.600 karyawan dengan anggota terakreditasi LEED.

Perkins and Will juga mengumpulkan penghargaan AIA dan Buiding Team Awards, dan diakui oleh Majalah GRAY.

4. Nikken Sekkei

Perusahaan ini telah menyelesaikan lebih dari 25.000 proyek yang berada di 16 kota dunia.

Dengan penawaran layanan mulai dari consulting, architectural design, urban planning, interior design, hingga sustainability.

Adapun di antara proyeknya, menara penyiaran berdiri bebas tertinggi di seluruh dunia, yaitu Tokyo Skytree.

Perusahaan ini merupakan firma arsitektur utama bangunan tersebut. Selain itu, Grand Front Osaka, Perpustakaan Guangzhou, Queen's Square Yokohama, dan lain-lain.

5. Zgf Architects

Sebuah perusahaan arsitektur top yang menghasilkan pendapatan sebesar 189 juta dolar AS pada tahun 2019. Kantor pusatnya berada di Portland, Amerika Serikat.

Perusahaan ini telah mendirikan kantor di Los Angeles, Portland, Vancouver, California, New York, Seattle, Washington DC, Los Angeles dan Oregon. Karyawan saat ini berjumlah 588.

6. Kohn Pedersen Fox

Salah satu perusahaan arsitektur terbesar di kota New York yang menawarkan sejumlah layanan seperti arsitektur, planning dan master planning, dan juga interior.

Pada tahun 2019, pendapatan mereka sebesar 152 juta dolar AS dihasilkan. Perusahaan Kohn Pedersen Fox memiliki karyawan berjumlah 650 orang.

7. HKS

Pada tahun 2021 pendapatannya sekitar 308 juta dolar AS dengan 1.400 karyawan. Layanan yang ditawarkan adalah desain interior, dan teknik struktural.

Perusahaan arsitektur ini memiliki 24 kantor di kota-kota utama seperti Tokyo, Korea Selatan, New Delhi, Dubai, Hong Kong, Meksiko, Singapura, London, Shanghai, dan sebagian besar di Amerika Serikat.

8. Perkins Eastman

Salah satu perusahaan arsitektur terbesar dengan pendapatan 264 juta dolar AS pada tahun 2020.

Perusahaan ini memiliki 8 kantor di berbagai lokasi termasuk Abu Dhabi UEA, Hong Kong, Kanada, Tiongkok, Ekuador, dan India. Ada 658 karyawan di perusahaan ini.

9. IBI Group

Salah satu perusahaan arsitektur terbesar yang berbasis di Toronto dan telah beroperasi sejak 1974.

IBI Group menghasilkan pendapatan 246 juta dolar AS pada tahun 2019 dengan memiliki 60 kantor internasional dan 2.600 karyawan.

10. DP Architects

DP Architects adalah praktik multidisiplin global yang mengkhususkan diri dalam arsitektur, perencanaan kota, teknik, desain berkelanjutan, desain interior, desain fasad dan desain lanskap.

Perusahaan arsitektur ini memiliki 900 tenaga kerja yang tersebar di 16 kantor globalnya.

Dipimpin oleh CEO Seah Chee Huang (2018-2020) dari Singapore Institute of Architects. Dia memimpin pengembangan Industry Transformation Map (ITM) untuk profesi arsitektur.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/10/13/170000321/10-biro-arsitek-terbaik-dunia-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke