Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Transportasi Publik Saja Tidak Cukup Atasi Kemacetan Jakarta

Namun, menurut Direktur Project Management Office (PMO) Tim Koordinasi Penataan Ruang (TKPR) Jabodetabek-Punjur Wisnubroto Sarosa, upaya-upaya itu saja belum cukup.

Pemerintah perlu menata ulang kota agar lebih ramah untuk pejalan kaki sehingga orang-orang terdorong untuk meninggalkan kendaraan pribadi dan lebih memilih untuk berjalan ke tempat tujuan. Dengan begitu, jumlah kendaraan di jalanan pun berkurang.

Menata ulang yang dimaksud bukan hanya revitalisasi trotoar, melainkan juga pemanfaatan ruang kota dengan membangun jalur sepeda, parking spot, dan melakukan penghijauan agar pejalan kaki merasa lebih nyaman di tengah teriknya matahari.

Wisnu beranggapan bahwa teriknya sinar matahari di Jakarta menjadi salah satu alasan masyarakat enggan untuk berjalan kaki, berbeda dengan masyarakat negeri tetangga, Singapura.

Ia membandingkan keadaan cuaca Singapura dengan Jakarta, meski sama-sama merupakan negara tropis dan berdekatan, suhu di antara keduanya cukup berbeda jauh.

“Kalau di Jakarta, siang hari itu kalau lihat temperatur bisa 30-32 (derajat Celcius), Singapura itu 26-24 (derajat Celcius),” ujar Wisnu dalam focus group discussion (FGD) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Masa Depan Transportasi Publik di Jakarta tahun 2022, Rabu (28/9/2022).

“Artinya, mendorong orang untuk menggunakan sepeda itu juga harus dipikirkan kenyamanannya,” lanjut Wisnu.

Selain itu, Wisnu juga mendorong pembangunan gedung parkir. Harapannya, masyarakat akan park and walk, meninggalkan kendaraan pribadi mereka dan mulai berjalan kaki atau menggunakan transportasi umum.

Namun, pembangunan gedung parkir ini dinilai masih belum benar-benar memungkinkan di Jakarta. Pasalnya, integrasi transportasi umum di Jakarta masih perlu ditingkatkan agar konsep park and walk ini dapat diimplementasikan dengan baik.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/10/04/160000621/transportasi-publik-saja-tidak-cukup-atasi-kemacetan-jakarta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke