Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bersiap Sambut Tamu KTT G20, Ini Fasilitas Terminal VVIP Bandara Ngurah Rai

Infrastruktur ini nantinya akan mempermudah akses tamu KTT G20 setibanya di Indonesia, khususnya Bali.

Pembangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai dilakukan di atas lahan PT Angkasa Pura I seluas 5.670 meter persegi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Bali yang akan menjadi pusat lokasi penyelenggaraan KTT G20 dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger', akan dibuat lebih ramah lingkungan.

"Melalui kegiatan pembenahan infrastruktur kawasan yang didukung dengan penghijauan yang masif," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (29/09/2022).

"Saat ini hanya tinggal menyelesaikan tahap akhir (finishing) interior," ungkap Boby.

Adapun pekerjaan pembangunan terminal VVIP Bandara Ngurah Rai dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya dan konsultan supervisi PT Virama Karya sejak 14 Maret 2022 dengan anggaran sebesar Rp 50,9 miliar.

Bangunan terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki luas 1.713 meter persegi dan dirancang lebih luas dibanding bangunan eksisting.

Dilengkapi ruang pertemuan yang berkapasitas sekitar 40 orang, president suite, ruang rapat terbatas, dan ruang press conference bagi para kepala negara yang akan menyampaian informasi kepada publik.

Seperti lukisan kamasan dan ukiran astalla padma bhuana pada bagian plafond utama, ukiran Bali utara dan Singa Ambara Raja pada pintu masuk utara (Gumendung).

"Sistem ini sudah terintegrasi dengan sistem di Bandara I Gusti Ngurah Rai, sehingga dapat menginformasikan keberangkatan dan kedatangan penerbangan internasional," pungkas Bobby.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/29/123000621/bersiap-sambut-tamu-ktt-g20-ini-fasilitas-terminal-vvip-bandara-ngurah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke