Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menghindari "Highway Hypnosis" saat Berkendara di Jalan Tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas (lalin) di jalan tol dengan fatalitas tinggi dilaporkan terjadi secara beruntun dalam beberapa waktu belakangan ini.

Teranyar, adalah kecelakaan di Tol Pandaan-Malang Km 77 B pada Minggu (25/9/2022) pukul 17.15 WIB yang menelan satu korban meninggal dunia.

Salah satu kondsi yang mungkin pernah dialami oleh pengemudi jarak jauh di jalan tol adalah highway hypnosis.

Melansir unggahan Twitter Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) @KemenPU, Selasa (27/9/2022), highway hypnosis adalah fenomena berkurangnya konsentrasi saat sedang mengemudi dalam jarak jauh.

Kondisi ini mengakibatkan pengemudi tidak sadar dan berpotensi kehilangan kendali kendaraan yang memicu kecelakaan.

Highway hypnosis tetap berpotensi terjadi akibat lingkungan berkendara yang membosankan, meskipun pengemudi sudah cukup tidur atau beristirahat sebelumnya.

Lantas, bagaimana cara menghindari highway hypnosis saat berkendara di jalan tol? Simak tipsnya berikut ini:

Berkendara pada siang hari

Berkendara pada siang hari membantu mencegah kelelahan karena orang secara alami lebih waspada dalam kondisi terang.

Selain itu, pemandangan jalan juga lebih menarik atau tidak monoton pada siang hari, sehingga pengemudi lebih mudah untuk tetap waspada terhadap lingkungan sekitar.

Minum kopi

Minum kopi atau minuman berkafein lain membantu pengemudi tetap terjaga selama berkendara.

Singkatnya, kafein memblokir reseptor adenosin di otak dan melawan kantuk. Stimulan meningkatkan metabolisme dan mengarahkan hati untuk melepaskan glukosa ke dalam aliran darah, yang memberi makan otak Anda.

Kafein juga bertindak sebagai diuretik, yang berarti pengemudi harus berhenti untuk istirahat di kamar mandi lebih sering jika banyak minum kopi dan sejenisnya saat mengemudi.

Selain kopi, pengemudi bisa mengunyah makanan ringan untuk memberikan energi langsung dan perhatian lebih terhadap hal yang sedang dikerjakan.

Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang baik akan memaksimalkan aliran darah ke seluruh tubuh dan membantu menjaga tubuh agar tetap prima.

Pengemudi juga bisa mengatur posisi duduk senyaman mungkin saat berkendara dan melakukan senam ringan dengan menggerakkan leher supaya badan tidak kaku.

Mendengarkan musik yang tidak disukai

Mendengarkan musik yang tidak disukai bisa membuat tubuh terjaga. Sebaliknya, musik yang nyaman dan disukai membuat tubuh merasa rileks serta terlalu nyaman untuk tidur.

Selain itu, pengemudi juga bisa mendengarkan percakapan di radio karena proses ini membutuhkan lebih banyak konsentrasi daripada mendengarkan musik.

Istirahat di rest area

Kemudian beristirahat di rest area yang telah tersedia. Ini menjadi penting mengingat berkendara dalam keadaan tubuh yang lelah hanya akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Selain itu, istirahat yang cukup dan menghindari konsumsi obat penyebab kantuk seperti antihistamin atau obat penenang juga perlu dilakukan sebelum memulai perjalanan.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/27/113000621/tips-menghindari-highway-hypnosis-saat-berkendara-di-jalan-tol

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke