Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap-siap, Sejumlah Ruas Tol Becakayu Segera Beroperasi

Sebagaimana dilansir laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Kamis (15/9/2022), sebentar lagi ada tiga ruas Tol Becakayu yang akan dioperasikan.

Meliputi On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca (Looping Pasar Gembrong), dan titik yang terkoneksi dari sisi Timur Jalan Tol Wiyoto Wiyono ke Jalan Tol Becakayu.

Ketiga titik tersebut telah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) pada Juli 2022 lalu. Jadi bakal beroperasi dalam waktu dekat.

Tol Becakayu yang dibangun dengan konstruksi layang (elevated) membentang dari wilayah Bekasi sampai dengan wilayah Kampung Melayu sepanjang 16,02 kilometer.

Jalan tol ini memiliki dua seksi, yaitu Seksi 1 Kasablanka-Jaka Sampurna sepanjang 11,9 kilometer yang saat ini sudah beroperasi.

Selanjutnya Seksi 2A Jaka Sampurna-Kayuringin sepanjang 4,12 kilometer dan Seksi 2a-Ujung Kayuringin-Margajaya, progres konstruksi seluruhnya telah mencapai 100 persen.

Ruas tersebut juga ditargetkan selesai konstruksinya dan siap beroperasi menjelang akhir tahun 2022.

Sebelum adanya Jalan Tol Becakayu, waktu tempuh berkendara dari Kota Bekasi menuju Jakarta sekitar 2 jam.

Namun, kehadiran Tol Becakayu akan memangkas waktu tempuh dari Bekasi ke Kampung Melayu dan ditempuh menjadi lebih cepat hanya 30 menit.

Jalan tol kni juga mejadi salah satu solusi mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang terjadi di Jalan Raya Kalimalang dan Tol Jakarta-Cikampek.

Sebab, sering terjadi penumpukan volume kendaraan di Gerbang Tol Halim.

Selain itu, Tol Becakayu juga akan mengurangi volume lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek bagi kendaraan yang akan mengarah ke sekitar Bekasi ataupun Jakarta.

Dengan demikian, akan meningkatkan kelancaran lalu lintas kendaraan logistik yang menuju Bekasi, Karawang, Cibitung, dan sekitarnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/16/090000821/siap-siap-sejumlah-ruas-tol-becakayu-segera-beroperasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke