Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tingkat Hunian Apartemen di Jakarta Naik 9 Persen gara-gara Ekspatriat

Hal tersebut ternyata memberikan pengaruh positif terhadap tingkat hunian apartemen sewa di Jakarta sepanjang semester I tahun 2022.

Dalam Press Conference Jakarta Property Highlight Semester I tahun 2022, Kamis (11/2/2022, Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengatakan kedatangan para ekspatriat bahkan menyumbang kenaikan tingkat hunian hingga 9 persen.

“Tidak bisa dipungkiri, kehadiran ekspatriat memberi kontribusi terhadap tingkat hunian apartemen sewa di Jakarta. Dalam enam bulan pertama di tahun 2022 saja, mereka bisa menaikan tingkat hunian hingga 9 persen dibanding tahun sebelumnya,” ujar Syarifah.

Menurutnya, beberapa tenaga kerja asing yang banyak menyewa apartemen adalah mereka yang berasal dari area Eropa dan beberapa negara di Asia.

Selain itu, konsumen domestik juga ditemukan masih membantu memberikan kontribusi terhadap tingkat okupansi apartemen sewa di Jakarta.

“Pengunjung dalam negeri turut membantu kenaikan okupansi melalui sewa short stay atau daily rental,” tambahnya.

Sementara itu, dalam enam bulan pertama tahun 2022, okupansi apartemen sewa di Jakarta hanya tips yakni 0.4 persen.

Namun, Knight Frank Indonesia menyebutkan ini adalah kabar baik karena berpotensi menjadi tonggak pemulihan bagi sektor apartemen sewa di tahun 2022.

Pada jenis apartemen servis yang saat ini jumlah mencapai 7.157 unit, tingkat okupansinya ada di angka 58,63 persen.

Sedangkan untuk apartemen non servis dengan jumah unit eksisting sebesar 2.191 unit, tingkat hunian berada di angka 59,33 persen.

“Secara total, pada paruh pertama tahun 2022, ada 9.348 unit apartemen sewa di Jakarta. Tingkat okupansinya ada di angka 58,8 persen,” tambah Syarifah.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/08/14/173000221/tingkat-hunian-apartemen-di-jakarta-naik-9-persen-gara-gara-ekspatriat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke