Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

26 Operator Alat Berat Uji Kemahiran di Ajang Caterpillar GOC Bali

Mereka memeragakan seluruh kemampuan terbaiknya menguasai mesin alat berat terkini yang digunakan untuk menguji sejauh mana tingkat kapasitas, dan kapabilitasnya.

Taufik Hidayat, contohnya. Operator Caterpillar asal Jambi ini dengan lihai mengendalikan Medium Wheel Loaders Cat 966GC meliuk-liuk di jalur sempit dengan mulus tanpa menjatuhkan satu pun rubber cone yang menjadi penanda batas jalur.

Manager Customer Experience & Marketing Communication Trakindo Utama Derry Afifudin Adiwijaya menilai,  keahlian atau skill dari operator Indonesia sangat baik.

"Mereka menguasai teknologi, karena secara produk Caterpillar sama. Ketika mereka menguasai teknologi, jadi tidak ada bedanya dengan operator dari negara lain, baik skill maupun kemahirannya," ujar Derry menjawab Kompas.com, Rabu (10/8/2022).

Derry melanjutkan, tujuan digelarnya GOC ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas operator yang perannya signifikan dan vital dalam operasional perusahaan untuk memastikan produktivitas tetap terjaga dan bisa mencapai standar kinerja tertinggi.

Penyelenggaraan di tingkat nasional ini merupakan bagian dari 2022 Caterpillar Global Operator Challenge,yakni kompetisi keterampilan operator alat berat untuk mencari operator terbaik di dunia.

Melalui GOC babak nasional, kemampuan dan keterampilan para operator dari berbagai daerah di Indonesia diuji.

Proses seleksi diselenggarakan dua hari yakni 10-11 Agustus 2022. Pemenang terbaik babak Nasional akan mewakili Indonesia pada kompetisi babak regional di Jepang pada bulan Oktober 2022.

Melalui proses penjurian, akan ada 3 pemenang yaitu National Winner yang menjadi wakil negara di babak regional, kemudian 1st Runner Up, dan 2nd Runner Up.

Para peserta diberikan berbagai tantangan dan rintangan untuk menguji keahlian, kelincahan, ketahanan, dan akurasi dalam mengoperasikan alat berat dengan tepat guna, sambil tetap memperhatikan faktor keselamatan.

Tiga jenis alat berat yang digunakan dalam GOC Babak Nasional kali ini, yaitu Hydraulic Excavator Cat 320 GX, Mini Excavator Cat 305.5E2, dan Medium Wheel Loaders Cat 966GC.

Kompetisi ini pertama kali diadakan pada tahun 2019. Setiap GOC babak nasional di tiap negara memiliki tantangan yang dirancang secara unik.

Pemenang yang berhasil lolos di tingkat regional akan beradu kembali pada babak global yang akan diadakan bersamaan dengan event pameran alat berat tingkat dunia Conexpo-Con/Agg, Las Vegas, Amerika Serikat pada 2023.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/08/11/060000021/26-operator-alat-berat-uji-kemahiran-di-ajang-caterpillar-goc-bali

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke