Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resmi! Jasa Marga Jual 40 Persen Saham Tol Layang MBZ

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga resmi menjual 40 persen saham Jalan Tol Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) ke PT Marga Utama Nusantara (MUN).

Jalan Tol Layang MBZ dikelola oleh anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek.

Jasa Marga memiliki 80 persen saham di disini dan memutuskan untuk melakukan divestasi demi mengoptimalkan portofolio bisnis perusahaan.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan divestasi yang dilakukan oleh Jasa Marga adalah sebesar 40 persen dari total 80 persen kepada PT Marga Utama Nusantara (MUN).

Saat ini, proses divestasi memasuki tahap penandatanganan Conditional Sale and Purchase Agreement of Shares (CSPA) yang dilakukan pada Kamis (30/6/2022) lalu.

“Penyelesaian transaksi masih akan bergantung kepada pemenuhan beberapa persyaratan pendahuluan sebagaimana yang diatur dalam CSPA,” ujar Lisye dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Dikatakan, Jasa Marga berharap seluruh proses transaksi dapat terlaksana dengan lancar sesuai target, tentunya dengan selalu menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) pada setiap tahapannya, hingga penandatanganan Sale and Purchase Agreement (SPA).

Penandatanganan CSPA merupakan langkah awal dan wujud komitmen kerja sama strategis antara Jasa Marga dan MUN dalam pengusahaan Jalan Layang MBZ, melalui PT JJC sebagai Badan Usaha Jalan Tol yang mengelola.

Jalan Layang MBZ yang dikelola oleh PT JJC memiliki peran penting dalam jaringan Jalan Tol Trans Jawa sebagai jalur penghubung utama wilayah Jabotabek ke arah timur.

Beroperasinya jalan tol ini memberikan dampak positif terhadap kelancaran jalur Jakarta-Cikampek.

Kerena kapasitas jalan tol bertambah sehingga terjadi penurunan V/C Ratio yang berpengaruh terhadap peningkatan kecepatan rata-rata dari Simpang Susun Cikunir sampai dengan Karawang Barat.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/07/04/180000521/resmi-jasa-marga-jual-40-persen-saham-tol-layang-mbz

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke