Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendapatan Modernland Realty Melonjak 174,6 Persen

Hal ini disebabkan adanya pengakuan dari pendapatan yang ditangguhkan atas penjualan saham PT Astra Modern Land.

Direktur Utama PT Modernland Realty Tbk William Honoris mengatakan, tantangan berat yang dialami Perseroan sebagai dampak dari Pandemi Covid-19 telah terlewati dengan baik. 

Hal ini menyusul kinerja Perseroan yang terus menunjukkan tren peningkatan yang dimulai pada pertengahan Kuartal IV-2021.

"Peningkatan permintaan terjadi pada sewa perkantoran, sewa ritel, dan hotel sebagai dampak dari adanya pelonggaran peraturan PPKM oleh Pemerintah pada periode tersebut," ujar William, seperti dikutip dari rilis, Jumat (1/7/2022).

Hal ini juga mengakibatkan peningkatan aktivitas Working From Office (WFO), trafik kunjungan pusat perbelanjaan (mal), serta tingkat hunian hotel yang semakin membaik. 

Sinergi dan inovasi kebijakan ekonomi nasional menjadi kunci dalam mendorong proses pemulihan ekonomi dan menjaga stabilitas.

Selain itu, langkah-langkah penting dan strategis juga memengaruhi kinerja pendapatan dan mengukuhkan struktur keuangan demi mencapai pertumbuhan jangka panjang.

Antara lain penyelesaian proses restrukturisasi Global Bond, serta malakukan strategi divestasi kepemilikan saham Astra Modern Land (AML) pada bulan Desember 2021 yang berdampak positif terhadap likuiditas seiring dengan strategi penjualan dan operation excellence yang dijalankan Perseroan.

Selain pendapatan, laba bruto Perseroan juga melonjak 274,5 persen dari sebelumnya hanya Rp 361,18 miliar. Hal ini sejalan dengan peningkatan pendapatan.

Sementara laba (rugi) usaha sebesar Rp 458,36 miliar, atau meningkat 137,79 persen dibanding tahun lalu Rp 1,21 triliun.

Adapun rugi bersih tahun berjalan Perseroan sebesar Rp 41,99 miliar, menurun 97,6 persen dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp 1,76 triliun.

Total aset Perseroan menurun 2,09 persen menjadi Rp 14,54 triliun, dari sebelumnya Rp 14,85 triliun.

Sementara kinerja Pemasaran tahun 2021 mencapai Rp 1,4 triliun. Segmen residensial menyumbang angka terbesar yakni Rp 1,1 triliun.

Meski demikian, angka ini turun 18 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu Rp 1,4 triliun.

Pada segmen industri, meskipun sentimen positif tampak meningkat di pasar, investor korporasi masih mengambil sikap wait and see, sehingga Perseroan membukukan marketing sales hanya Rp 121 miliar dibandingkan tahun lalu Rp 152 miliar.

Sedangkan segmen perhotelan dan segmen lainnya membukukan marketing sales Rp 156 miliar, naik 77 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu Rp 88 miliar.

Ada pun marketing sales dari Hotel dan Padang Golf meningkat 33 persen.

Ke depan, Perseroan berencana menjual aset yang bersifat non-operasional untuk membantu peningkatan modal kerja.

Selain itu, juga akan meluncurkan produk residensial baru dengan harga penjualan yang lebih terjangkau serta mencari mitra strategis untuk pengembangan kawasan residensial milik Perseroan lainnya.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/07/02/063000021/pendapatan-modernland-realty-melonjak-174-6-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke