Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden Putin Ingin Investasi di IKN Nusantara

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyampaikan keinginannya untuk berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berlokasi di Kalimantan Timur. 

Hal tersbut ia sampaikan usai mengadakan pertemuan bersama dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo Kamis (30/6/2022) di Moskwa, Rusia. 

Menurut Putin, di Indonesia banyak perusahaan Rusia yang bergerak di bidang energi dan ini menjadi peluang untuk pengembangan energi nuklir nasional. 

Namun pemerintah Rusia tidak menutup kemungkinan untuk berinvestasi di bidang non energi termasuk pembangunan infrastruktur.

"Kami siap untuk berpartisipasi dalam proyek bersama termasuk yang terkait dengan teknologi non energi misalnya di bidang kedokteran, di bidang pertanian," ujar Presiden Putin seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden RI.

"Ada  juga prospek yang baik untuk pengembangan infrastruktur transportasi dan logistik. Rusian Railways bergabung dalam proyek pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke pulau Kalimantan," tambahnya. 

Menurut Putin, kerjasama dengan Indonesia sudah berlangsung sejak lama bahkan Rusia ikut andil dalam pembentukan negara Indonesia dan memperkuat posisi Indonesia saat itu di kancah internasional. 

Sejak itu, Rusia bahkan telah mengirim para sarjana di bidang teknik sipil  ke Indonesia untuk membantu pembangunan infrastruktur industri seperti stadion, rumah sakit, dan lembaga-lembaga penting lainnya. 

Presiden Joko Widodo sendiri bertemu dengan Presiden Putin di Istana Kremlin, Moskwa. Pertemuan ini terjadi setelah sebelumnya Jokowi bertemu dengan presiden Ukraina, Volodymye Zelenskyy. 

Tujuan utama pertemuan tersebut tidak lain membicarakan soal gencatan konflik yang terjadi antara kedua negara tersebut. 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/07/01/140000021/presiden-putin-ingin-investasi-di-ikn-nusantara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke