Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Kota London Bakal Ajak Universitas Inggris Buka di IKN

Hal tersebut disampaikan oleh Lord Mayor of the City of London atau setara dengan Duta Besar untuk Distrik Finansial London Vincent Keaveny saat berkunjung ke Kantor Sekretariat Negara, Senin (27/6/2022).

“Kota London siap membantu Indonesia meraih modal yang dibutuhkan untuk transisi hijau, dan kebutuhan infrastruktur senilai 500 miliar dollar AS yang diharapkan oleh Indonesia,” ujar Vincent.

Dalam kunjungannya itu, Vincent diterima langsung oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan dagang dan investasi antara Indonesia dan London sebagai salah satu pusat keuangan dunia.

Selain ingin terlibat dalam pembangunan IKN, Vincent juga menyatakan ketertarikannya untuk ikut berpartisipasi dalam bidang pendidikan dan akan mengajak universitas-universitas dari Inggris untuk membuka kampus di IKN.

Rencananya, Vincent akan kembali bertemu Badan Otorita IKN untuk membahas hal tersebut secara lebih mendalam pada Oktober 2022 mendatang.

Sementara itu, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyambut baik bantuan yang akan diberikan oleh Pemerintah Kota London.

Bambang berpendapat, inisiatif pembangunan IKN oleh Pemerintah terus menerima animo positif dari pihak swasta, bahkan dari pemerintah, serta perusahaan asing.

"Untuk membangun IKN, kami banyak belajar dari ibukota-ibukota negara besar, salah satunya London, Inggris," terangnya.

Oleh karena itu, kata Bambang, Dukungan Pemerintah Kota London ini membuka peluang pendanaan dan investasi yang merupakan salah satu prioritas agar pembangunan dapat terlaksana sesuai rencana.

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengatakan, London kembali menunjukkan Indonesia adalah prioritasnya.

“Saya sangat senang menyambut Lord Mayor of the City of London di Jakarta, membahas bagaimana Indonesia bisa memanfaatkan status London sebagai pusat keuangan global untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia," tutup Owen.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/06/28/053000921/pemerintah-kota-london-bakal-ajak-universitas-inggris-buka-di-ikn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke