Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Danai Lahan Proyek Kereta Api, Pemerintah Kucurkan Rp 2,8 Triliun

Seperti dikutip dari laman resmi LMAN, jumlah tersebut merupakan 76,73 persen dana saja dari total dana yang dialokasikan untuk pembebasan lahan proyek pembangunan jalur KA.

Dengan dana tersebut, sebanyak 6.538 bidang tanah atau sebanyak 7.194.061 meter persegi tanah yang telah berhasil dibebaskan.

Pembebasan lahan dilakukan di proyek KA Makassar-Parepare, LRT Jabodebek, KA Solo Balapan-Kedungbanteng, KA Purwokerto-Kroya, KA Akses Bandara Adisoemarmo, dan KA Jombang-Wonokromo.

Kemudian KA Bogor-Sukabumi, KA Yogyakarta-Kulonprogo, KA Rantau Prapat-Duri-Dumai, serta KA Tebing Tinggi-Kuala Tanjung.

Selain proyek pembangunan jalur KA, LMAN juga mengeluarkan dana pembebasan lahan untuk sejumlah proyek infrastruktur lain.

Pembangunan ruas jalan tol merupakan proyek yang membutuhkan dana pembebasan lahan terbanyak yakni sebesar Rp 81,7 triliun.

Sementara itu, pembebasan lahan untuk pembangunan bendungan memakan biaya sebesar Rp 9,8 triliun. Dana tersebut telah dibagikan kepada 75,09 persen penerima.

Untuk pembangunan pelabuhan, total dana pembebasan lahan yang dikeluarkan adalah Rp 795 miliar.

Sedangkan untuk pembangunan irigasi, total dana yang dikeluarkan untuk pembebasan lahan adalah sebesar Rp 562 miliar.

LMAN juga telah mengucurkan dana sebesar Rp 85 miliar untuk pembebasan lahan dalam proyek pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/06/26/213004421/danai-lahan-proyek-kereta-api-pemerintah-kucurkan-rp-28-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke