Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bareng Korsel, Pemerintah Jalin Kerja Sama Manajemen Jalan hingga Smart City di IKN

Dua kerja sama yang sedang berlangsung tersebut adalah Manajemen Terpadu untuk Structural Health Monitoring System (SHMS) untuk jembatan nasional di Indonesia.

Kemudian, penyusunan Masterplan dan Pilot System Intelligent Transport Systems (ITS) untuk Area Metropolitan Jakarta.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, Kementerian PUPR akan mengirimkan 25 young engineer (insinyur muda) ke Korsel untuk menjalani training (pelatihan) terkait smart city (kota cerdas) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Selain itu, 14 insyinur muda yang juga akan ke Korsel untuk belajar mengenai SHMS jembatan.

"Ini merupakan bentuk kerja sama yang lebih konkret selain diskusi-diskusi yang kita lakukan pada seminar atau konferensi,” kata Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (23/6/2022).

Selain itu, terdapat juga tiga hibah yang saat ini sedang dalam proses pipeline yaitu feasibility study (studi kelayakan) dan Basic Design Immersed Tunnel Teluk Balikpapan (Jalan Tol Akses IKN).

Kemudian, pembentukan Manajemen Konstruksi Digital dan Hijau di Indonesia, dan pembentukan Sistem Informasi Jalan Tol di Indonesia.

“Selain SHMS dan ITS, akan diprioritaskan juga feasibility study dan basic design (desain dasar) untuk jalan akses IKN. Karena, kami akan memulai pembangunan infrastruktur dasar pada Agustus 2022 mendatang,” terang Basuki.

Sehubungan pembangunan IKN, Assistant Minister for Road Lee Yoon-Sang mengungkapkan telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Indonesia dan Korsel.

“Setelah seminar konferensi pada 21 Juni, kami juga akan melakukan technical study (studi teknis ke IKN pada hari berikutnya," kata Lee.

Kemudian, para direksi dan peneliti dari Korsel akan ikut ke lokasi untuk menggali lebih banyak ekspansi kolaborasi antara kedua negara.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/06/23/124049421/bareng-korsel-pemerintah-jalin-kerja-sama-manajemen-jalan-hingga-smart

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke