Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beroperasi September, Pelabuhan Sanur Bakal Jadi Pendukung G20 Bali

Sejauh ini, progres pembangunan Pelabuhan Sanur sudah mencapai lebih dari 80 persen.

Dengan beroperasinya infrastruktur tersebut diharapkan dapat menjadi penunjang perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali.

“Kalau ini selesai, para penumpang tidak perlu masuk ke air lagi karena sudah ada dermaganya. Ini suatu potensi wisata yang luar biasa. Kita harapkan, ini bisa menjadi bagian dukungan perhelatan KTT G20 di Bali,” ujar Budi dikutip dari laman Kemenhub, Senin (6/6/2022).

Menhub mengatakan, pembuatan desain bangunan terminal penumpang Pelabuhan Sanur berkolaborasi dengan arsitek lokal Bali dengan gaya dan nuansa daerah tersebut.

Menurutnya, Pelabuhan Sanur akan menjadi titik konektivitas dari beberapa pulau lainnya seperti Nusa Penida, dan juga akan menambah daya tarik wisata.

Dalam setiap pembangunan infrastruktur transportasi yang dilakukan, Budi ingin memastikan hasilnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Setiap pembangunan harus netes atau dapat dirasakan langsung manfaatnya. Tadinya, pelabuhan hanya seadanya. Sekarang, kita buat lebih modern dan sempurna sehingga memudahkan masyarakat,” tambah dia.

Kemenhub telah memulai pembangunan Pelabuhan Sanur sejak Desember 2020 yang meliputi pekerjaan jasa konsultansi dan konstruksi (fisik).

Pembangunan dilakukan dalam multi-years contract (MYC) atau kontrak tahun jamak 2020-2022 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kemenhub dengan total anggaran Rp 398 miliar.

Selain Pelabuhan Sanur, Kemenhub juga membangun dua pelabuhan lainnya yaitu Bias Munjul dan Sampalan.

Pembangunannya ini bertujuan dalam menghubungkan kawasan yang dikenal dengan sebutan Segitiga Emas yaitu Sanur, Nusa Penida, dan Nusa Ceningan.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/06/06/123000421/beroperasi-september-pelabuhan-sanur-bakal-jadi-pendukung-g20-bali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke