Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terapkan Deretan Tips Jitu Ini Agar Rumah Kayu Anda Tak Diserang Rayap

JAKARTA, KOMPAS.com - Rayap merupakan musuh bagi semua bangunan rumah, terutama bagi rumah berbahan kayu. 

Meski memiliki ukuran yang mini, rayap mampu menyebabkan kerusakan yang serius pada bangunan rumah. Terlebih bila rumah yang Anda tempati memiliki udara yang lembab. 

Karena itu, sebelum rumah kayu Anda mengalami kerusakan, ketahui tips-tips penting untuk mencegah serangan rayap. 

 1. Singkirkan kelembapan

Kelembapa adalah sumber masalah utama yang membuat rayap tertarik masuk ke dalam rumah Anda.

Karena itu, sebaiknya Anda membeli alat dehumidifier untuk menyingkirkan kelembapan berlebih di rumah.

Selain itu, ketika musim panas tiba, Anda bisa menyalakan AC secara berkala pada siang hari untuk menjaga suhu sejuk dan menghilangkan kelembapan berlebih di dalam ruangan.

2. Perbaiki kebocoran rumah

Ketika atap rumah bocor, air hujan dapat merembes masuk ke area dinding dan lantai rumah sehingga meningkatkan kelembaban udara. 

Karena itu, segera perbaiki atap rumah yang bocor dan lakukan pemeriksaan rutin terutama di sudut-sudut  rumah yang jarang dibersihkan. 

3. Rapikan rumah

Untuk memastikan agar rumah bersih dari rayap, rapikanlah rumah Anda secara rutin. Selain didining rumah, perhatian juga setiap barang berbahan dasar kayu. Misalnya pajangan , lukisan, sampai meja kayu.

Letakanlah barang-barang berbahan dasar kertas seperti buku di tempat yang aman, sejuk dan tidak lembap. Ini harus dilakukan karena rayap juga tetarik memakan kertas.

4. Gunakan asam borat

Asam borat adalah salah satu pengusir rayap yang paling populer di masyarakat. Anda bisa menyemprotkan borat pada kayu sebelum melakukan pengecatan.

Larutan asam borat dapat meresap ke dalam kayu dan mencegah rayap. Setelah semprotan rayap ini mengering, Anda dapat melapisi kayu dan mengecatnya secara normal.

Borate juga dapat disemprot ke berbagai furnitur misalnya seperti kusen jendela, pintu, furnitur, dan barang berbahan dasar kayu lainnya. 

5. Gunakan kapur barus

Bau menyengat dari kapur barus dipercaya bisa mencegah masuknya rayap di hunian Anda. Letakan kapur barus yang sudah ditumbuk pada sudut-sudut rumah. 

Usahakan lokasi penempatan kapur barus ini jauh dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan lainnya karena bisa meracuni mereka. 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/05/27/214047421/terapkan-deretan-tips-jitu-ini-agar-rumah-kayu-anda-tak-diserang-rayap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke