Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengintip 4 Gerbang Ikonik Kawasan Borobudur, Berupa Gajah hingga Perahu

Keempat gerbang yang dibangun Kementerian PUPR itu berfungsi sebagai penanda bahwa masyarakat telah memasuki kawasan Candi Borobudur.

Sebagaimana dikutip dari unggahan akun Twitter Kementerian PUPR pada Senin (23/05/2022), pembangunan empat gerbang masuk telah selesai.

Keempatnya merupakan bagian dari pengembangan kawasan Borobudur sebagai salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia.

Keempat gerbang yang dimaksud meliputi Gerbang Blondo, Palbapang, Kembanglimus, dan Klangon. Di mana masing-masing memiliki ikon yang terinspirasi dari relief Candi Borobudur.

Gerbang ini memiliki ikon berupa pohon kalpataru yang dipercaya sebagai pohon hayat atau pohon kehidupan dan harapan.

Gerbang Blondo juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti, musala, toilet, bike station, ruang MEP dan pengelola, serta area parkir.

Gerbang yang memiliki ikon patung singa ini dilengkapi hall atau ruang serbaguna, ruang pengelola dan MEP, toilet serta lansekap taman.

Gerbang dengan ikon patung gajah ini lahannya paling luas, yakni sekitar 2 hektar. Fungsinya juga untuk menghidupkan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Kembang Limus.

Fasilitasnya meliputi kios cinderamata, kios kuliner, musala, panggung terbuka, toilet, ruang utilitas dan pengelola, pendopo (hall multi fungsi) dan area parkir bus.

Penataan yang dilakukan meliputi pembangunan pusat informasi wisata dan sculpture Klangon, pusat kuliner, kios oleh-oleh, mushola, deck view point, area parkir, Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPST), dan toilet.

Serta dibangun relief dari batu sebagai ikon Gerbang Klangon dengan tema Samudraraksa, merupakan salah satu kapal kayu bercadik khas Nusantara yang mempresentasikan kebudayaan bahari purbakala.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/05/24/070000621/mengintip-4-gerbang-ikonik-kawasan-borobudur-berupa-gajah-hingga-perahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke