Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Cibitung-Cilincing Seksi 2 dan 3 Disebut Akan Diresmikan Juni 2022

Hal tersebut disampaikan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Tbk atau Pelindo, selaku pemegang saham melalui anak usahanya yakni PT Akses Pelabuhan Indonesia.

Mengutip dari pemberitaan Kompas.com, Wakil Direktur Utama Pelindo Hambra mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempercepat proses penyelesaian Tol Cibitung-Cilincing.

"Itu dalam proses percepatan. Mudah-mudahan bulan depan (Juni) untuk seksi 1, 2, 3 akan diresmikan oleh Bapak Presiden," ujarnya saat media gathering di Museum Maritim, Jakarta, Kamis (19/05/2022).

Jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34,4 kilometer merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Outer Ring Road (JORR).

Tol ini terdiri dari empat seksi. Untuk Seksi 1 SS Cibitung-Telaga Asih sepanjang 2,6 kilometer sudah resmi dioperasikan pada 2021 lalu.

Sementara yang belum beroperasi yakni Seksi 2 Telaga Asih–Muara Bakti sepanjang 10,3 kilometer, Seksi 3 Muara Bakti– Kanal Banjir Timur 14,35 kilometer, dan Seksi 4 Kanal Banjir Timur–Cilincing 7,2 kilometer.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing memiliki lima Simpang Susun (SS), yakni SS Cibitung, SS Telaga Asih, SS Tambelang, SS Tarumajaya, dan SS Cilincing.

Jalan Tol ini nantinya akan menghubungkan sekaligus memperlancar konektivitas logistik, industri, hingga mobilitas masyarakat yang terhubung dari Cibitung hingga Cilincing.

Yakni mulai dari Jalan Tol Jakarta–Cikampek di bagian selatan dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara.

Nantinya jalan tol ini juga mendukung akses logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara hingga kawasan industri di sekitarnya, serta akan menyambung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung.


Penulis : Isna Rifka Sri Rahayu | Editor : Erlangga Djumena

https://www.kompas.com/properti/read/2022/05/19/211530021/tol-cibitung-cilincing-seksi-2-dan-3-disebut-akan-diresmikan-juni-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke