Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

JIS Jadi Stadion Pertama di Indonesia Gunakan Rumput Hybrid, Apa Keunggulannya?

Salah satunya, penggunaan rumput hybrid yang merupakan perpaduan antara rumput sintetis dan rumput alami.

Manager Proyek JIS dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Arry Wibowo mengutarakan, JIS menjadi stadion di Indonesia pertama yang menggunakan rumput tersebut.

"Kemudian, rumput yang kami gunakan ini jenis hybrid, ini kombinasi rumput sintetis dan alami. Ini pertama kali di Indonesia, ada di JIS," terang Arry dalam webinar, Kamis (18/3/2022).

Standar pemakaian rumput JIS merupakan rekomendasi FIFA, termasuk campuran rumput sintetis dan alami hingga masalah ketebalannya.

Komposisi rumput hybrid JIS meliputi 5 persen rumput sintetis berjenis Limonta dari Italia dan 95 persennya rumput alami berjenis Zoysia Matrella dari Boyolali, Jawa Tengah.

Perlu diketahui, untuk rumput alami asal Boyolali ini dihasilkan oleh para petani dalam negeri yang sudah berpengalaman dan khusus membuat rumput sepak bola.

Terdapat beberapa alasan JIS menggunakan rumput hybrid yaitu tidak hanya tentang tren lapangan sepak bola modern.

Pertama, lapangan dengan rumput hybrid memiliki daya tahan tiga kali lipat dibandingkan rumput lapangan pada umumnya.

Artinya, lapangan JIS dapat digunakan untuk rentang waktu yang lebih lama hingga 1.000 jam pertandingan.

Kedua, rumput hybrid memiliki daya serap air yang baik. Artinya, air akan lebih cepat turun hingga lapisan terbawah rumput.

Sesuai standar FIFA, genangan air di lapangan JIS dirancang tidak lebih dari 10 detik dan digunakan untuk dua kali pertandingan sepakbola berskala internasional dalam satu hari.

Alasan ketiga, rumput hybrid sangat cocok dengan kondisi iklim pesisir. Mengingat lokasi JIS berada tidak jauh dari pesisir pantai utara Jakarta.

Terakhir, penggunaan rumput hybrid akan membuat biaya pemeliharaan lebih efektif dan terjangkau.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/03/19/060000621/jis-jadi-stadion-pertama-di-indonesia-gunakan-rumput-hybrid-apa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke