Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Taman Atap, Solusi Berkebun bagi Warga Kota yang Tak Punya Lahan

Lahan yang sempit membuat para pemilik rumah lebih memilih memfungsikan area di luar bangunan rumah untuk kepentingan lain, misalnya garasi.

Bila ingin memiliki kebun sendiri, mungkin Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk membuat taman atap (roof garden).

Ini juga merupakan solusi ideal untuk memanfaatkan bagian atas rumah yang sering tidak terpakai.

Harus diingat, area atap yang dimaksud bukanlah atap miring seperti yang banyak dijumpai di Indonesia, melainkan atap datar yang bagian dasarnya dilapisi beton. 

Namun, sebelum membuat kebun di area atap, cari tahu apakah peraturan pemerintah setempat mengizinkannya.

Bila tinggal di properti sewaan, tanyakan kepada pemilik properti apakah Anda diizinkan untuk membuat kebun pribadi di area atap.

Kebun di area atap memerlukan perawatan khusus sehingga Anda wajib memastikan soal izin sebelum menghabiskan waktu dan uang.

Selanjutnya, sewa seorang arsitek sebelum membuat kebun Anda. Ini sangat penting agar Anda bisa mengetahui apakah bangunan hunian yang Anda tempati aman untuk dibangun taman atap.

Beberapa bangunan sama sekali tidak dirancang untuk menahan beban tambahan pada gedung ketika ada roof garden. Sementara bangunan lain mungkin dapat menahan beban ekstra.

Setelah mendapatkan persetujuan dari aristek, mulailah berbelanja kebutuhan kebun. Cobalah untuk menggunakan peralatan dan bahan yang ringan. 

Misalnya menggunakan wadah tanam plastik, serat kaca, atau busa. Gunakan media tanam yang lebih ringan daripada tanah kebun seperti sekam padi.

Karena aliran angin di atap lebih kencang, jangan lupa sertakan penahan angin ke dalam lanskap kebun Anda. 

Anda bisa menggunakan terali atau penahan angin berkisi-kisi untuk taman atap. Hindari penggunaan penahan angin padat karena lebih mudah roboh.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah aliran air ke tanaman. Pertimbangkan untuk memiliki sistem sistem penyiraman otomatis sehingga Anda tak perlu repot mengangkut air dengan ember.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/10/070000321/taman-atap-solusi-berkebun-bagi-warga-kota-yang-tak-punya-lahan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke