Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Teknologi GSM-R, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipastikan Tidak Ganggu Sinyal Publik

Kereta cepat akan dioperasikan menggunakan sistem persinyalan menggunakan tenologi Global System Mobile-Railway (GSM-R).

Direktur Prasarana Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkerataapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Harno Trimadi memastikan, penggunakan teknologi GSM-R tidak akan mengganggu jaringan sinyal yang digunakan masyarakat. 

Menurutnya, saat ini pihaknya terus berupaya mengkaji dan menguasai lebih dalam mengenai teknologi tersebut.

Tujuannya agar operasionalisasi KJCB ini dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan pengguna. 

“Teknologi GSM-R perlu segera dikuasai dengan baik untuk memastikan penggunaan teknologi baru ini betul-betul dapat mewujudkan keselamatan, kenyamanan pengguna dan pengoperasian kereta api serta tidak mengganggu jaringan GSM publik yang digunakan oleh masyarakat umum saat ini," kata Harno dalam keterangannya, Sabtu (29/01/2022).

Teknologi GSM-R berperan sebagai teknologi transmisi data (Train Control Data) yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan pengawasan.

Dengan teknologi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengawasan serta dapat mewujudkan kerja sama Direktorat Prasarana Perkeretaapian dengan stakeholder melalui transfer of knowledge. 

KCJB akan menggunakan frekuensi GSM-R di pita yang direncanakan yaitu 900MHZ. Para petugas pun tengah melakukan serangkaian pelatihan untuk pengelolaan teknologi tersebut. 

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan juga tengah menyiapkan regulasi terkait sarana, prasarana, sumber daya manusia, dan keselamatan mengenai rencana pengoperasian KCJB.

Sehingga nantinya pemanfaatan teknologi-teknologi canggih dalam pembangunan kereta api cepat.

Termasuk pembangunan teknologi GSM-R dapat segera memiliki payung hukum yang kuat dan reliable untuk memastikan aspek keselamatan operasional dan optimalisasi daya guna bagi masyarakat. 

“Hingga saat ini kami sampaikan bahwa proses penyusunan regulasi sudah dalam tahap harmonisasi Rancangan Peraturan Menteri dan akan terus dilakukan proses pengkajian agar sejalan dengan regulasi yang sudah ada," pungkasnya. 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/01/29/160000121/ada-teknologi-gsm-r-kereta-cepat-jakarta-bandung-dipastikan-tidak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke