Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

27 Restoran Digitalisasi Sistem Pengadaan Melalui Food Market Hub

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 27 brand restoran Indonesia yang mencakup 1.335 outlet melakukan digitalisasi sistem pengadaan, manajemen inventaris, dan seluruh backend operations melalui Food Market Hub.

Food Market Hub merupakan perusahaan teknologi asal Malaysia penyedia solusi pengadaan dan inventaris berbasis cloud bagi bisnis mamin.

Selain Roti Ropi, 26 bisnis restoran lainnya yang saat ini sedang beralih ke sistem dan ekosistem procurement digital Food Market Hub, antara lain Tahooe, dan Wanfan.

Country Head Food Market Hub Indonesia CP Lim mengatakan selama pandemi Covid-19, memaksa seluruh industri putar otak agar bisa tetap hidup, tak terkecuali industri makanan dan minuman.

"Karena itu berbagai cara ditempuh, salah satunya dengan mendigitalisasi sistem pengadaan guna menghemat biaya operasional," kata Lim dalam keterangannya, Jumat (21/01/2022).

Lim menjelaskan pesatnya pertumbuhan pengguna aktif platform Food Market Hub menandakan bahwa pemilik bisnis restoran terus berinovasi dengan proses digitalisasi bisnis.

Salah satunya adalah dengan cara menggunakan sistem manajemen dan otomatisasi pengadaan serta inventaris barang untuk dapat meningkatkan efisiensi biaya dan tetap bertumbuh di masa pandemi ini.

Food Market Hub ekspansi ke Indonesia setelah mendapat kucuran dana sebesar 8,5 dolar AS juta atau setara Rp 121 miliar.

Dana segar tersebut diperuntukkan memperkuat tim di Indonesia, melakukan penetrasi pasar serta mengedukasi pelaku bisnis restoran dan kafe.

Karyawan Food Market Hub saat ini berjumlah 18 orang, dari sebelumnya hanya empat pegawai.

Selain Indonesia, Food Market Hub sudah terlebih dulu menjejakkan kakinya di Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan Taiwan.

Salah satu bisnis restoran pengguna layanan Food Market Hub, Roti Ropi mengungkapkan sebelum menggunakan Food Market Hub, kerap terkendala komunikasi dan operasi antara dapur pusat dan outlet yang tersebar, lantaran proses operasional masih manual.

“Platform FMH menjadikannya otomatis. Ini sangat membantu kami mengeliminasi human error dan mengurangi pemborosan karena perhitungan yang otomatis,” ujar Pendiri dan CEO Roti Ropi, Ahmad Reza.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/01/21/123000221/27-restoran-digitalisasi-sistem-pengadaan-melalui-food-market-hub

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke