Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KAI dan Krakatau Steel Teken MoU Optimalisasi Baja dan Angkutan Kereta

Kerja sama ini mencakup pemanfaatan scrap yang berasal dari Aktiva Tetap Diberhentikan dari Operasi (ATDO) dan barang bekas milik KAI oleh Krakatau Steel dalam rangka memenuhi kebutuhan Industri Baja Nasional maupun Industri lainnya. 

Kemudian pengangkutan hasil produksi Krakatau Steel dan optimalisasi penggunaan angkutan kereta api, pengembangan produk suku cadang sarana dan prasarana kereta api berbasis baja, dan pengembangan kerja sama pada kawasan industri di Cilegon dan Batang.

Termasuk optimalisasi dan pengembangan lahan dan fasilitas KAI termasuk pembangunan hub logistik Krakatau Steel.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengharapkan kolaborasi KAI dan Krakatau Steel ini dapat mengembangkan potensi-potensi bisnis antar kedua BUMN.

“Krakatau Steel merupakan salah satu BUMN, demikian juga dengan KAI. Kolaborasi yang terbangun ini merupakan suatu langkah awal sebagai dukungan bagi pemerintah dan Indonesia untuk membangkitkan perekonomian,” kata Didiek dalam keterangannya, Selasa (11/01/2022). 

Dengan adanya MoU ini, KAI dan Krakatau Steel bersinergi mengoptimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Sinergi dilakukan bukan hanya antar-induk perusahaan saja, namun juga dilakukan antar anak perusahaan KAI dan Krakatau Steel.

"Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi usaha dan perekonomian yang lebih luas," ujarnya. 

Pengembangan bisnis yang akan dilaksanakan juga tak hanya sebatas bisnis angkutan barang, namun pengembangan kawasan industri berbasis perkeretaapian.

“Harapan saya, momen ini menjadi langkah-langkah awal untuk kita terus bekerja sama sehingga kinerja positif perusahaan bisa kita bangkitkan lebih cepat dan lebih baik di tahun 2022,” imbuhnya.  

Senada, Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim mengatakan bahwa logistik memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia.

Dengan dilakukannya penandatanganan MoU ini, maka akan memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan.

"Semoga kerja sama yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya kedua perusahaan BUMN ini" ucap Silmy. 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/01/11/173000721/kai-dan-krakatau-steel-teken-mou-optimalisasi-baja-dan-angkutan-kereta-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke