Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gandeng UNS dan Unika Soegijapranata, IAI Beri Pendidikan Profesi Arsitek

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman Perguruan Tinggi Arsitektur dalam Program Pendidikan Profesi Arsitek (PPAr) tersebut, Senin (6/12/2021).

Ketua Badan Media, Publikasi, dan Kemitraan IAI Theresia Asri W Purnomo mengatakan, pendidikan tinggi arsitektur saat ini mengalami perubahan.

"Sehingga, menuntut model pembelajaran lebih dinamis, multi-disiplin, dan fokus dalam menghasilkan lulusan yang memenuhi standar kompetensi nasional, regional dan internasional," tutur Theresia dalam siaran persnya, Rabu (8/12/2021).

Tantangan di tingkat regional ditandai salah satunya dengan diberlakukannya Pasar Bebas ASEAN Tahun 2015 melalui Mutual Recognition Arrangement (MRA) for Architectural Services.

Atas dasar prinsip kesetaraan mutu serta kesepahaman tentang kualifikasi dari berbagai bidang pekerjaan dan profesi era global tersebut, maka Indonesia perlu mengikuti standar kualifikasi internasional.

Melalui organisasi profesi arsitek sedunia, IAI yang menjadi anggota the Union Internationale
des Architectes (UIA) merekomendasikan, calon arsitek harus mengikuti pendidikan minimal selama 5 tahun di Perguruan Tinggi Arsitektur.

Lalu, disusul dengan mengikuti proses magang sekurang-kurangnya 2 tahun sebelum
diperbolehkan berpraktik sebagai seorang arsitek.

Oleh karena itu, tuntutan tersebut direspons oleh IAI dengan merekognisi model 4 tahun +1 yang merupakan perwujudan pendidikan sarjana 4 tahun, ditambah program pendidikan profesi arsitek selama 1 tahun.

Sejauh ini, IAI telah memiliki nota kesepahaman PPAr dengan 31 perguruan tinggi arsitektur di Indonesia.

Namun, delapan di antaranya telah aktif Program Pendidikan Profesi Arsitek yaitu Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Kemudian, Universitas Kristen Petra, Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII), dan Universitas Kristen Duta Wacana.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/12/09/113000921/gandeng-uns-dan-unika-soegijapranata-iai-beri-pendidikan-profesi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke