Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masuki Tahap Pamungkas, Pembangunan JIS Capai Progres 87,85 Persen

Hingga minggu ke-118, metal atap atau metal sheet JIS juga sudah tertutup seluruhnya dengan progres total konstruksinya telah mencapai 87,85 persen. 

“Alhamdullilah seluruh atap metal sheet JIS sudah tertutup semua pada minggu ke-118. Dengan demikian proyek JIS realisasi pengerjaannya telah mencapai 87,85 persen,” kata Manajer Proyek JIS Arry Wibowo dalam keterangannya, Rabu (08/12/2021).

Dengan adanya metal sheet yang menutup seluruh area atap JIS tentu akan mempercepat pengerjaan pembangunan JIS secara optimal.

Terlebih, pembangunan JIS kini telah memasuki tahap akhir ini. Sehingga, banyak pekerjaan interior yang dilaksanakan seperti pemasangan bangku penonton, pengerjaan sisa-sisa precast, pemasangan lampu hingga pemasangan sound system.

Pemasangan kursi terutama tier tiga akan lebih aman dari hujan maupun panas, sehingga pekerjaan menjadi lebih cepat.

"Sebelum seluruh tertutup, sound system masih ditutupi plastik untuk mencegah terkena air hujan,” ujarnya.

Tak kalah penting, pemasangan seluruh metal sheet atap JIS tuntas sesuai waktu yang direncanakan atau sebelum 11 Desember 2021.

Dia mengapresiasi kerja seluruh tim dalam proyek yang akan menjadi kebanggaan warga Jakarta.

“Tentunya tertutup seluruh atap JIS ini akan mengakselerasi pekerjaan lainnya, karena menjadi lebih aman,” ucapnya.

Tertutupnya seluruh atap JIS turut serta menambah nilai estetika JIS, terutama jika diambil gambarnya dari atas.

Sebab, metal sheet atap JIS memiliki warna yang kontras ketika dipotret menggunakan kamera.

“Kalo difoto bagus, metal sheet warna kontras sehingga menjadi terang atau terlihat warna putih. Padahal warna aslinya abu-abu terang," terangnya.

Diketahui, JIS merupakan salah satu stadion terbesar di Indonesia.

Berdasarkan laporan media asal Inggris Daily Mail pada 20 Februari 2021 lalu, JIS masuk dalam 10 stadion termegah di dunia.

JIS berada di urutan ke-10 setelah Miami Freedom Park, Lusail Iconic, Bramley-Moore Dock, Camp Nou, Santiago Bernabeu, New Feyenoord, Della Roma, New San Siro, dan Grand Stade de Casablanca.

Tak hanya itu, JIS merupakan satu-satunya bangunan stadion yang telah memperoleh sertifikasi green building atau sertifikasi level platinum pada Design Recognition.

Arry mengingatkan, green building bukan hanya sekedar konsep bangunannya saja, melainkan juga merubah mindset dan pola perilaku masyarakat sekitar.

Hadirnya JIS yang merupakan stadion pertama di Indonesia yang memiliki atap buka tutup (retractable roof) akan menjadi simbol pembangunan berkelanjutan di Indonesia sekaligus menjadi katalisator urban regeneration.

Hal ini sejalan dengan visi kota Jakarta yang sedang fokus menjadi Kota Layak Huni.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/12/09/080000521/masuki-tahap-pamungkas-pembangunan-jis-capai-progres-87-85-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke