Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peran Swasta Minim, Indonesia Baru Bisa Bangun 1.506 Kilometer Jalan Tol

Dalam Webinar Indonesia’s Toll Road Infrastructure Competitiveness In Global Prespective, Rabu (8/12/2021), Presiden Direktur PT Marga Utama Nusantara Danni Hasan menyampaikan dalam tujuh tahun terakhir (2014-2021), Indonesia telah membangun 1.506 kilometer jalan tol.

“Dalam kurun waktu tersebut, perkembangannya sangat pesat bila dibandingkan dengan periode sebelumnya, yakni antara tahun 1978 hingga 2014, hanya 930 kilometer jalan tol yang berhasil dibangun di Indonesia,” paparnya.

Namun, ia mengakui keterlibaan sektor swasta masih sangat sedikit karena pengelolaan jalan tol di Indonesia masih didominasi oleh badan usaha milik negara (BUMN).

Hal ini terlihat nyata dalam pembangunan Tol Trans-Jawa (2014-2021), di mana sebagian besar tahapan pembangunannya ditangani oleh operator dan kontraktor BUMN.

Dari 20 ruas tol yang ada, 17 di antaranya dibangun oleh operator dan kontraktor BUMN yakni sekitar 426 kilometer dari 583 kilometer.

"Sebagian besar didanai melalui bank domestik,” imbuh Danni.

Ini menunjukkan keterlibatan sektor swasta dalam pembangunan infrastruktur jalan tol di Indonesia masih sangat rendah.

Karena itu, pemerintah memberikan dorongan untuk perusahaan di sektor swasta bisa turut mengambil bagian dalam pembangunan tol nantinya.

“Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh perusahaan-perusahaan swasta yang ingin terlibat dalam pembangunan infastruktur tol adalah masalah dana. Sayangnya, sponsor di dalam negeri sangat terbatas,” papar Danni.

Untuk mengatasi masalah ini, solusi yang Danni tawarkan adalah mencari investor dari luar negeri baik dengan sistem hybrid maupun kepemilikan 100 persen oleh investor asing.

“Investasi dalam pembangunan jalan tol sangat menjanjikan karena merupakan aset yang tahan dalam berbagai kondisi ekonomi. Karena itu, ini adalah peluang bagi sektor swasta,” tandasnya.

PT Margautama Nusantara sendiri merupakan perusahaan swasta yang mengelola empat jalan tol di Indonesia yakni Ruas Tol Sepong-Pondok Aren, Ruas Tol Layang AP Pettarani, Tol Makassar Seksi IV dan Tol Makassar Metro Network.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/12/08/213000221/peran-swasta-minim-indonesia-baru-bisa-bangun-1.506-kilometer-jalan-tol

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke