Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resmikan Tol Serang-Panimbang Seksi 1, Jokowi: Bisa Genjot Perekonomian Banten

Ia berharap dengan diresmikannya tol ini maka perekonomian di Provinsi Banten dapat semakin membaik.

“Alhamduliah hari ini jalan ol Serang-Panimbang Seksi I, Ruas Serang-Rangkasbitung telah selesai dibangun dan siap untuk dioperasikan. Saya yakin ini akan jadi pengungkit perekonomian Provinsi Banten khususnya di sektiar jalan tol ini yakni di Kabupaten Lebak dan Pandeglang,” ungkap Presiden.

Menurutnya, setelah pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 ini selesai, maka akan dilanjutkan dengan pembanginan Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 kilometer serta Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer.

"Insya Allah, imi akan dituntaskan pada akhir 2023,”sambung Jokowi.

Jokowi mengatakan infrastruktr adalah pondasi bagi Indonesia untuk siap bersaing dengan negara-negara lain karena yang dikejar adalah daya saing.

Tidak mungkin sebuah negara bisa melampaui negara lain jika indeks kompetitignya lebih rendah.

Tanpa infrastruktur, barang-barang bisa memiliki harga yang lebih tinggi. Namun jika infrastruktur siap, barang-barang akan terdistribusi lebih baik dan harganya pun menjadi lebih murah.

Kehadiran infrastrutkur juga dapat menciptakan titik-titik perekenomian baru, membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan membangun peradaban negara menjadi lebih maju.

Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 36,5 kilometer ini diresmikan usai mendapatkan sertifikat laik operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Melalui tol ini, pengguna jalan akan menempuh waktu dari Serang ke Rangkasbitung, Lebak, hanya dalam waktu 15-20 menit saja.

Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang dilakukan pemerintah untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/11/16/100544721/resmikan-tol-serang-panimbang-seksi-1-jokowi-bisa-genjot-perekonomian

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke