Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Ada Tatakan Bulat dan Persegi Panjang? Ini Penjelasannya

Tujuan utama penempatan tatakan adalah untuk melindungi meja makan dari noda makanan dan kerusakan akibat panas. Fungsi lain adalah sebagai elemen estetika.

Di tempat komersial seperti kafe dan restoran, alas piring bahkan digunakan untuk mempromosikan item menu.

Tahukah Anda, fungsi dan ukuran tatakan atau alas piring tersebut? Berikut penjelasannya:

Bentuk Umum Tatakan dan Ukurannya

Untuk lebih memahami ukuran tatakan standar bisa dimulai dari bentuknya. Persegi panjang dan bulat, adalah dua bentuk alas piring yang paling umum di pasaran.

Tapi Anda juga bisa menemukan alas piring dalam berbagai bentuk seperti oval, persegi, dan baji.

Alas Piring Persegi Panjang

Tatakan persegi panjang banyak digunakan karena bentuknya dapat menutupi seluruh permukaan di bawahnya.

Bentuknya cukup melindungi meja dari tumpahan makanan dan minuman. Bentuk ini dapat membearikan latar belakang yang bagus untuk hidangan

Ukuran standar untuk tatakan persegi panjang adalah 45,72 cm dan lebar 30,48 cm.

Namun karena perbedaan ukuran meja, Anda juga dapat menemukan alas piring persegi panjang yang lebih kecil atau lebih besar.

Anda dapat menemukan alas piring persegi panjang dengan panjang 40,64 cm dan lebar 3,48 cm.

Di pasaran, tatakan persegi panjang terbesar yang bisa Anda temui adalah dengan panjang 60,69 cm dan lebar 3,48 cm.

Tatakan besar ini paling baik digunakan untuk meja persegi panjang atau ketika Anda ingin meletakkan semua peralatan makan di atasnya, mulai dari garpu, pisau, sendok, dan gelas.

Alas Piring Bulat

Tidak jauh ketinggalan dalam hal popularitas adalah tatakan bundar. Menggunakan ukuran diameter. Dimulai dengan ukuran 30,48 cm atau 38,1 cm.

Varietas 38,1 cm lebih umum digunakan karena memiliki permukaan yang lebih besar, memungkinkan pengguna menempatkan peralatan makan.

Bentuk tatakan ini paling baik digunakan pada meja oval dan bahkan persegi panjang. Tatakan bundar akan memberikan kesan kontras yang menarik dengan bentuk meja persegi panjang.

Namun, perlu diingat bahwa alas piring bundar tidak cocok untuk setiap meja, jadi Anda harus pandai memvisualisasikan bagaimana tatakan bundar akan terlihat di meja Anda.

Alas Piring Persegi

Tidak seperti alas piring bundar, alas piring persegi menawarkan lebih banyak ukuran. Anda bisa menemukan tatakan piring persegi kecil berukuran lebar 20,32 cm kali 20,32 cm.

Ada juga yang berukuran besar dengan ukuran 40,64 kali 40,64 cm.

Ukuran standar tatakan persegi adalah 33,02 kali 33,02 cm. Ini paling baik digunakan untuk meja persegi dan juga persegi panjang.

Salah satu kelemahan dari tatakan persegi adalah menawarkan perlindungan permukaan yang terbatas dibandingkan dengan bentuk lainnya.

Misalnya, piring makan 25,4 cm mungkin tumpang tindih pada tatakan persegi standar.

Oleh karena itu, gunakan piring bundar yang lebih kecil berukuran 20,32 atau 22,86 cm jika Anda ingin menggunakan tatakan persegi standar.

Tatakan Baji

Alas piring baji tidak tersedia secara luas seperti alas piring persegi panjang. Tatakan baji bisa menjadi tambahan yang menarik untuk meja bundar.

Ukuran standar tatakan baji adalah 30,48 cm di sisi datar dan 45,72 cm di sisi lengkung lebar. Tinggi standar adalah 3,48 cm.

Tatakan Oval

Seperti alas piring baji, alas piring oval tidak tersedia secara luas. Tetapi jika Anda menemukannya, kemungkinan besar berukuran standar 33,02 x 48,26 cm.

Tatakan oval paling baik digunakan di meja oval karena akan sesuai dengan tepi melengkung tanpa tumpang tindih.

Selain itu, tatakan oval yang diletakkan di atas meja oval membantu menciptakan suasana yang nyaman dan harmonis di ruang makan.

Ukuran Tatakan Berlapis

Alas piring quilt juga memiliki ukuran yang berbeda-beda, tergantung bentuknya. Alas piring berlapis mungkin berbentuk persegi panjang, bulat, atau persegi dan terkadang memiliki potongan non-linear.

Tatakan persegi panjang berlapis, misalnya, memiliki ukuran standar 30,48 x 45,72 cm. Sementara alas piring berlapis bulat berukuran lebih besar dengan diameter 43,18 cm.

Dalam memilih ukuran tatakan, selalu ingat bahwa harus dikoordinasikan dengan ukuran meja makan.

Tatakan besar di atas meja makan kecil akan membuat meja makan terlihat penuh sesak.

Tatakan kecil di atas meja makan besar tidak akan berguna karena mungkin tidak dapat memberikan perlindungan yang memadai.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/10/19/123000021/mengapa-ada-tatakan-bulat-dan-persegi-panjang-ini-penjelasannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke