Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengintip Arsitektur Kota Livorno, Kampung Halaman Kapten Tim Azzurri

Laga pamungkas yang berlangsung di Stadion Wembley tersebut dimenangkan Gli Azzurri lewat drama adu penalti dengan skor 3-2.

Salah satu pemain yang berandil besar dalam membawa Azzurri pulang dengan kemenangan adalah sang kapten tim, Giorgio Chiellini.

Dikenal sebagai seorang bek tangguh, Chiellini ternyata tumbuh dan dibesarkan di sebuah kota indah di pantai barat Tuscany, Livorno, Italia.

Livorno merupakan kota pelabuhan yang tak hanya terkenal dengan makanan lautnya namun juga arsitektur kotanya yang menawan.

Salah satu bangunan yang paling terkenal adalah Palazzo delle Colonne di marmo yang terletak di distrik Venezia Nuova. Namanya berasal dari keberadaan dua tiang marmer Carrara di kedua sisi pintu utama.

Dibangun sekitar tahun 1703 oleh Giovan Battista Foggini untuk keluarga Gamberini. Pada tahun 1912, gedung yang dimiliki oleh keluarga Bicchierai sejak tahun 1718, dijual ke Monte di Piet. Gedung ini juga pernah menjadi tempat penyimpanan dokumen arsip negara.

Gedung ini memiliki desain fasad yang indah, dengan dua tiang marmer di kedua sisi pintu utama dihiasi dengan pedimen dan patung empat musim yang anggun. Ini merupakan contoh desain khas abad ke-16.

Selanjutnya ada Gereja St. Gregorius Illuminator yang merupakan gereja Katolik Armenia tua. Arsitekturnya memiliki desain neo klasik yang dihiasi tiga patung indah.

Gereja ini telah mengalami banyak kerusakan selama Perang Dunia I dan II. Namun demikian, arsitektur gereja tetap dipertahankan karena memiliki desain klasik Romawi dan Yunani yang megah.

Jangan tinggalkan Livorno tanpa datang ke Duomo di Livorno atau Katedral St. Francis. Terletak di Piazza Grande, bangunan ini adalah salah satu landmark paling terkenal di Livorno.

Di dalam katedral ada banyak lukisan dan kanvas tua yang indah, yang selama berabad-abad terus-menerus dipindahkan agar selamat dari bencana alam dan perang.

Chiellini sendiri memulai karir sepakbolanya bersama klub lokal, Livorno FC pada tahun 2000.

Ia kemudian hengkang ke AS Roma dua tahun kemudian dan menetap di Juventus dari 2005 hingga sekarang.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/07/12/210000321/mengintip-arsitektur-kota-livorno-kampung-halaman-kapten-tim-azzurri-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke