Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MNC Group dan Jasa Marga Kembangkan Bisnis Properti dan Konten Digital

Kerja sama ini melibatkan PT Bank MNC Internasional Tbk, PT MNC Kapital Indonesia Tbk, PT MNC Vision Networks Tbk, dan PT MNC Land Tbk.

Kedua pihak bersepakat mengembangkan layanan digital banking, pengembangan ekosistem cashless, distribusi konten digital untuk para tenant di rest area yang dikelola oleh PT JMRB, serta pengembangan properti.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan, MNC Group telah merencanakan berbagai kolaborasi inovatif yang bertujuan untuk memetik keberhasilan maksimal bagi kedua pihak.

Menurutnya, eksistensi MNC Group dan Jasa Marga Group yang memiliki posisi kuat, menjadikan kemitraan yang dijalin sebagai langkah besar dan akan memberikan manfaat signifikan bagi keduanya, terlebih bagi masyarakat Indonesia.

Ia juga menilai kerja sama ini dapat mempercepat digitalisasi hingga inklusi keuangan untuk meningkatkan perekonomian nasional.

“Produk dan layanan MNC Group akan terintegrasi secara end-to-end dalam ekosistem PT JMRB, yang dapat melengkapi dan memperkuat bisnis Jasa Marga Group dari hulu hingga hilir," kata Hary dalam acara penandatanganan MOU kerja sama tesebut, Rabu (07/07/2021).

"Bisnis MNC Group dari sektor media, jasa keuangan, dan entertainment hospitality akan merambah ke berbagai proyek inovatif dari kerja sama strategis ini,” lanjutnya. 

Sementar itu, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Arsal Ismail menambahkan, penandatanganan MOU ini merupakan penjajakan awal yang dilakukan oleh PT JMRB sebagai salah satu upaya strategis dari Jasa Marga Group untuk meningkatkan revenue dari sisi pendapatan non-tol.

“MOU ini tidak eksklusif hanya antara PT JMRB dan MNC Group. Ke depan kami akan membuka jika ada pihak lain yang akan berpartisipasi," kata Arsal.

Menurut Arsal, saat ini MNC Group memang memiliki rencana bisnis yang sesuai dengan misi pengembangan PT JMRB ke depannya. Hal ini yang melatari terjalinnya kerja sama tersebut.

"Sinergi ini kami harapkan dapat berjalan dengan baik. Kami sangat membuka potensi kerja sama dengan instansi lainnya terutama dalam pengembangan bisnis properti, rest area dan konten digital," ujarnya.

Saat ini, Jasa Marga memiliki hak konsesi jalan tol sepanjang 1.603 kilometer di seluruh Indonesia, dan PT JMRB dipercaya untuk mengoptimalkan potensi besar yang dimiliki oleh koridor jalan tol tersebut.

Untuk itu, perusahaan tengah gencar melakukan kerja sama dengan mitra strategis untuk melakukan berbagai pengembangan salah satunya dengan MNC Group.

Adapun peran dan fungsi anak usaha MNC Group yang terlibat, seperti PT Bank MNC Internasional Tbk adalah melalui MotionBanking yang memungkinkan penyediaan layanan perbankan dan pendanaan tenant  di rest area.

Sedangkan PT MNC Kapital Indonesia Tbk melalui anak usahanya, PT MNC Teknologi Nusantara dengan produk unggulannya MotionPay, melakukan pengembangan dan penyediaan sistem transaksi dan pembayaran digital di rest area.

Sementara PT MNC Vision Networks Tbk memungkinkan pengembangan konten digital.

Selain konten digita, kolaborasi kedua perusahaan ini juga akan mengembangkan properti di kawasan koridor jalan tol.

Hingga saat ini, PT JMRB telah mengelola 29 rest area yang tersebar di seluruh Indonesia dengan lebih dari 400 tenant.

Saat ini, PT JMRB tengah gencar melakukan kajian dan pengembangan bagi kawasan di sekitar jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group.

Hingga April 2021, Jasa Marga Group telah mengoperasikan 1.214 Kilometer jalan tol, atau 52 persen dari keseluruhan total panjang jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia.

https://www.kompas.com/properti/read/2021/07/07/140000421/mnc-group-dan-jasa-marga-kembangkan-bisnis-properti-dan-konten-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke